Jejaring sosial Friendster memang pernah ‘booming’ beberapa tahun yang lalu di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun situs dengan alamat Friendster.com sendiri kini telah beralih dari situs jejaring sosial menjadi situs gaming yang telah dibeli oleh perusahaan asal Malaysia.

Friendster.id

Jika Anda mengunjungi situs tersebut maka akan ada keterangan bahwa situs gaming tersebut telah berhenti beroperasi sejak 14 Juni 2015 lalu. Meski Friendster dengan domain ‘.com’ masih bisa diakses, kini para netizen dihebohkan dengan kemunculan jejaring sosial Friendster.id yang jika dilihat dari domainnya merupakan domain Indonesia.

Friendster.com telah menghentikan operasionalnya sejak 14 Juni 2015
Friendster.com telah menghentikan operasionalnya sejak 14 Juni 2015

Dari situlah muncul pertanyaan, apakah Friendster.id merupakan jejaring sosial yang pernah populer beberapa tahun yang lalu? Untuk mengetahui kepastian dari jejaring sosial Friendster.id, maka kami mencoba melacak menggunakan whois.pandi.id.

Hasil dari situs tersebut, didapatkan beberapa informasi penting mengenai Friendster.id sebagai berikut.

Screen shot 2016-03-17 at 8.46.36 AM

Server

Situs tersebut menggunakan name server bacaberita.id, namun hingga saat ini belum diketahui informasi tentang server tersebut. Menurut salah satu pengguna Friendster.id yang bernama Fadhiil Rachman, seluruh isi komponen script web tersebut dibuat oleh DoughouzForest, salah satu user codecanyon (envato) tepatnya penjual script ini. Nama script tersebut adalah “WoWonder” yang tampilannya sama dengan Friendster.id.

Tampilan dari script WoWonder mirip dengan Friendster.id (kredit: codecanyon)
Tampilan dari script WoWonder mirip dengan Friendster.id (kredit: codecanyon)

Sementara itu, seperti yang dikutip dari Liputan6, Direktur Operasional PANDI,  Sigit Widodo mengatakan jika friendster.id didaftarkan oleh orang Indonesia. Domain tersebut telah didaftarkan oleh seorang bernama Steve Stanley Budi Mulyono, dengan KTP Kota Batu, Jawa Timur.

Sigit juga membenarkan keterangan yang diperoleh dari Whois, namun ia belum yakin apa hubungan Steve Stainley dengan Friendster yang pernah menjadi jejaring sosial populer beberapa tahun yang lalu. Selain itu, domain tersebut juga didaftarkan atas nama personal, bukan atas nama perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here