Doodle Google memang selalu memunculkan tokoh terkemuka dunia pada setiap momen khusus. Pada hari ini (28/11/2016), Google secara mengejutkan memunculkan tokoh dari Indonesia bernama Suyadi. Tentu banyak yang bertanya-tanya, siapa sebenarnya sosok Suyadi ini?

suyadi

Suyadi yang memiliki nama lahir Raden Soejadi memiliki nama tenar Pak Raden. Tentu ingat dong dengan sosok yang satu ini? Terlebih, ciri khas kumis tebal menjadi trademark yang tidak bisa dihilangkan dari sosok Pak Raden.

Hari ini merupakan hari peringatan kelahiran Suyadi yang dikenal sebagai salah satu sosok yang membesarkan cerita Si Unyil di Indonesia. Pria ini lahir pada tanggal 28 November 1932 di Puger, Jember dan meninggal pada tanggal 30 Oktober 2015 di usia 82 tahun.

pak-raden

Berkecimpung di dunia seni dan budaya merupakan minat utama dari Suyadi. Pria ini tercatat menempuh pendidikan jurusan seni rupa di Institut Teknologi Bandung. Tidak hanya itu, dia juga pernah pergi ke Prancis untuk mendalami pembelajaran tentang animasi.

Cerita Si Unyil menjadi kreasi yang fenomenal dari Suyadi. Si Unyil diciptakan oleh Suyadi pada tahun 1980-an sebagai tayangan yang mendidik untuk anak-anak. Dalam cerita tersebut, SUyadi juga mencitrakan dirinya sebagai salah satu tokoh yang bernama Pak Raden.

Saat ini, Si Unyil masih tetap menjadi tayangan yang menarik bagi anak-anak. Hanya saja, formatnya telah diubah. Di sebuah televisi swasta, tokoh Si Unyil muncul dalam acara Laptop Si Unyil.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here