Keberadaan video YouTube saat ini memang memberi kemudahan bagi para stasiun televisi untuk program siarannya. Tak jarang program siaran di televisi mengambil video secara mentah-mentah dari YouTube dengan tanpa menyebutkan pemilik dari video tersebut. Dan Trans 7 pun diprotes oleh seorang YouTuber asal Amerika bernama Martin Johnson.

trans 7

Bule yang kini berdomisili di Yogyakarta tersebut pun mengeluhkan tindakan dari Trans 7 yang secara mentah-mentah menggunakan video YouTube miliknya dalam program On The Spot tanpa menyebutkan pemilik dari video tersebut. Bahkan Martin mengatakan kalau setidaknya, terdapat dua video miliknya yang digunakan oleh Trans 7 untuk program On The Spot tersebut.

Dalam siarannya, Trans 7 memang secara jelas tidak menyebutkan sumber dari video milik Martin itu. Pihak Trans 7 pun hanya menuliskan “courtesy of YouTube” pada siarannya itu. Dan hal seperti ini pun nampaknya tidak hanya terjadi pada video milik Martin, namun juga terjadi juga pada beberapa video lainnya. Sering pula dalam program On The Spot, Trans 7 juga melakukan langkah serupa dengan hanya menuliskan “courtesy of YouTube”.

Martin pun dirinya sangat senang dengan kemunculan video hasil rekamannya di Trans 7. Namun sebagai sebuah media besar dengan jumlah karyawan yang banyak, dia berharap agar Trans 7 mempunyai etika yang lebih baik pada saat memakai video dari YouTube. Terlebih lagi Trans 7 memperoleh pemasukan berkat adanya siaran dari program yang memakai video miliknya itu. Dan hal itu dianggapnya sebagai sebuah tindakan yang tidak menghargai kerja keras YouTuber seperti dirinya yang menghasilkan video original.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here