Mungkin kita perah bertanya-tanya apakah sebuah lukisan bisa terlihat seperti sebuah foto nyata? Mungkin sebuah lukisan dapat terlihat seperti foto jika berdasarkan dengan lokasi sebenarnya, dimana kita harus menggunakan imajinasi yang tinggi untuk membuat itu, namun hal tersebut tampaknya tidak akan menjadi kendala lagi di masa depan.

AI_painting_photo-640x388

Hal ini berkat penemuan oleh para peneliti di UC Barkeley yang telah menemukan teknik “Unpaired Image-to-Image Translation”. Pada dasarnya teknik ini menggunakan kecerdasan buatan atau algoritma yang akan menjadikan sebuah lukisan berubah menjadi sebuah foto yang tampak nyata.

Ini seperti kebalikan dari aplikasi Prisma yang mengubah foto menjadi lukisan, atau gambar yang menyerupai lukisan berkat filter AI yang diterapkan pada proses. Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, hasilnya cukup terlihat mirip dan terlihat sangat nyata.

Bahkan teknik tersebut tidak hanya dapat mengubah lukisan menjadi foto, tetapi dapat mengubah objek dari satu hal ke hal lain. Misalnya dapat mengubah kuda menjadi zebra dan sebaliknya, atau mungkin apel ke dalam jeruk, atau mengubah foto dari pemandangan musim dingin menjadi pemandangan musim panas, dan lain sebagainya.

Bagian terbaik dari teknik ini adalah bahwa hal itu tidak benar-benar memerlukan contoh dari gambar yang kita inginkan. Misalnya kita tidak perlu contoh gambar musim panas ketika kita ingin mengubah sebuah gambar musim dingin ke musim panas. Ini karena teknik tersebut tidak menyalin dan menerapkannya ke gambar lain. Sayangnya belum diketahui tujuan akhir dari teknik tersebut, namun teknologi tersebut patut untuk ditunggu kehadirannya di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here