kredit: nova.cu

Negara Kuba kini telah secara resmi mempunyai sebuah sistem operasi nasional. Sistem operasi berbasis Linux tersebut dikembangkan oleh para mahasiswa dari University of Computer Sciences dan disponsori oleh Pemerintah Kuba.

kredit: nova.cu
kredit: nova.cu

Sistem operasi ini pun telah mencapai versi 4.0. Dan untuk membangun sistem operasi ini, para mahasiswa menggunakan Ubuntu 12.04 LTS dan memakai desktop environment GNOME 3.4. Nova OS ini pun didistribusikan dalam tiga edisi, yakni Escritorio, Ligero serta Servidor.

Escritorio merupakan yang paling utama dan juga dikenal sebagai Desktop CD. Versi ini memberikan desktop environment komplet berbasis GNOME. Untuk edisi Ligoro ditujukan bagi para pengguna perangkat low end. Dan terakhir Servidor merupakan Nova OS yang disediakan untuk server.

Sistem operasi Nova ini pun dikembangkan untuk bisa menggantikan keberadaan Windows di kalangan pengguna komputer di Kuba. Terlebih sistem operasi yang bisa diperoleh dengan gratis dianggap mempunyai kedekatan dengan ideologi yang diusung oleh masyarakat Kuba.

via Softpedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here