Jolla Mobile, pemrakarsa sistem operasi Sailfish terus berupaya untuk mempopulerkan OS miliknya. Sebelumnya, mereka mengungkapkan kalau para pengguna smartphone Jolla yang memakai OS Sailfish bakal bisa menjalankan aplikasi Android. Kini, CEO Jolla Mobile, Tomi Pienimaki dalam wawancara kepada Talouselama mengungkapkan kalau OS Sailfish bakal bisa diinstal pada smartphone serta tablet Android.

“Itu rencananya. Kami akan hadir dalam bisnis device dan bisnis OS. Cukup murah untuk menginstal OS (Sailfish) pada perangkat Android,” ujar Pienimaki. Dia bahwa menginstal sistem operasi lain pada perangkat Android mungkin jarang dilakukan oleh sebagian besar orang. Namun fenomena tersebut cukup banyak dilakukan oleh masyarakat Cina.

Dengan langkah tersebut, pihak Jolla pun berharap agar popularitas OS Sailfish terus berkembang. Dan meskipun begitu, Pienimaki mengungkapkan bahwa mereka masih tetap akan menyediakan OS Sailfish secara cuma-cuma. Dia pun mengatakan bahwa akan ada strategi lainnya dalam memperoleh pendapatan melalui OS Sailfish, entah itu melalui iklan, layanan atau aplikasi.

Sistem operasi Sailfish merupakan pengembangan dari OS MeeGo yang dulunya dipunyai oleh Nokia. Dan setelah Nokia menghentikan pengembangan OS berbasis Linux tersebut, karyawan yang bekerja di proyek ini pun memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan membangun Jolla Mobile yang akhirnya melanjutkan proyek MeeGo dan mengubahnya menjadi Sailfish.

via Talouselama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here