You are currently viewing Sistem Operasi Tizen Lite Bakal Fokus pada Segmen Smartphone Murah dengan RAM 256MB

Sistem Operasi Tizen Lite Bakal Fokus pada Segmen Smartphone Murah dengan RAM 256MB

Pangsa pasar smartphone low end nampaknya bakal kian ramai. Di pasar ini, konsumen bisa mendapatkan banyak pilihan smartphone Android. Handphone Windows Phone Lumia 520 juga memperoleh kesuksesan di segmen ini. Belum lagi ZTE Open yang menggunakan OS Firefox.

Dan kini, sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung bersama Intel, yakni Tizen juga bakal menyasar segmen yang sama. Dikutip dari Ubergizmo, Samsung memperkenal OS Tizen Lite yang ditujukan untuk perangkat murah dan bisa berjalan dengan baik pada handphone yang punya RAM sebesar 256MB.

Selain itu, sistem operasi Tizen Lite juga memberikan dukungan smartphone dengan layar yang memiliki resolusi 320 x 480 piksel. Smartphone dengan sistem operasi Tizen Lite juga bakal memiliki memori internal minimal sebesar 1GB, dan 512MB di antaranya digunakan untuk sistem operasi Tizen Lite sendiri.

Dengan requirement yang sangat minimal tersebut, handphone berbasis Tizen Lite ini pun nampaknya ditujukan untuk pasar negara berkembang. Selain Tizen Lite, Samsung juga memperkenalkan Tizen Mobile Full yang ditujukan untuk perangkat mid-end dan high-end.

via Ubergizmo

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply