Dell Chromebook
Dell Chromebook

Beberapa tahun lalu, Mac OS menjadi kebanggaan Amerika Serikat (US) di bidang edukasi. Tetapi sepertinya beberapa tahun ini, nasib Apple berubah menjadi suram. Chromebook yang menggunakan Chrome OS dari Google, ternyata diam-diam mendominasi dan penggunanya naik setiap tahun!

Berikut ini merupakan data pengguna OS dalam gadget pendidikan yang dipakai oleh anak sekolah dari TK sampai kelas 12, dihimpun dari Future Source. Grafik di bawah ini memperlihatkan bahwa di US, konsumsi Mac dan iOS oleh murid sekolah menurun, sedangkan Chromebook justru mendominasi sampai 58 persen!

Windows-vs-Mac-vs-Chromebook-vs-iOS-di-pendidikan

Berpengaruh di Masa Depan

Percaya atau tidak, penggunaan perangkat komputer pada masa-masa sekolah akan mempengaruhi kebiasaan menggunakan perangkat di masa depan.

Kita lihat saja, misalnya kesuksesan Mac OS Apple mendominasi pasar gadget di bidang pendidikan pada zaman dahulu membuat mayoritas developer gadget, aplikasi dan game di US lebih mengutamakan iOS dan produk Apple untuk tempat awal merilis produknya. Maka bila tren Chromebook ini meningkat, tak bisa dipungkiri di masa depan anak-anak tersebut juga akan lebih mengutamakan Android dan Google daripada Apple.

Windows dan Negara Berkembang, Indonesia?

Sayangnya dari tabel di atas juga diketahui kelemahan Chromebook. Yaitu mereka masih belum banyak diterima di negara-negara lain, utamanya negara berkembang.

Sebab kita tahu sendiri, walaupun notebook Chrome OS dibanderol dengan harga murah, Chromebook membutuhkan akses internet yang luas dan cepat untuk mengoptimalkan kinerjanya. Alhasil, negara-negara yang masih “kesulitan” dengan internet akan mencari jalan tengah. Yaitu perangkat yang tidak semahal Mac dan lebih fleksibel dari Chrome: apalagi kalau bukan Windows!

xiaomi-notebook-ppt12

Begitu pula di Tanah Air, Chromebook masih belum bisa diterima dengan baik. Ini disebabkan kebutuhan akan Chromebook yang tidak begitu kuat dan manuver Microsoft yang telah membawa perubahan-perubahan baik di Windows 10 terbarunya. Ini membuat para siswa-siswi di Indonesia yang memang sudah “terbiasa” dengan Windows yang memang dipakai dan diajarkan di kebanyakan sekolah, menjadi bertambah senang dan bertahan.

Microsoft sendiri kabarnya ingin meluncurkan Windows 10 Cloud tahun ini. Perangkat dengan OS Windows versi Cloud Computing seperti Chromebook ini juga akan dijual dengan harga lebih murah. Inilah OS yang mungkin bisa mengalahkan dominasi Chromebook di US dan membawa adaptasi ke Cloud Computing di negara berkembang berjalan baik. Semoga saja cepat rilis juga di Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here