kredit: Swa

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis online di Indonesia semakin mengalami peningkatan. Dan ramainya persaingan pun mau tak mau membuat ada pihak yang kalah dan akhirnya mundur. Hal inilah yang terjadi pada situs jual beli online asal negeri Jepang, Rakuten.

kredit: Swa
kredit: Swa

Hadir di Indonesia pada tahun 2011, Rakutan telah secara resmi mengumumkan penghentian layanannya di Indonesia pada tahun ini. Secara efektif, kebijakan ini akan diberlakukan mulai tanggal 1 Maret 2016. Pihak Rakuten pun masih akan menerima dan melayani pembelian yang ada, maksimal hingga tanggal 29 Februari 2016.

Pihak Rakuten tidak mengungkapkan alasan penutupan yang mereka lakukan. Namun pihak Rakuten dalam situs resminya mengatakan kalau data para pengguna Rakuten ID masih akan terus disimpan. Data tersebut pun bakal tetap bisa dipakai untuk layanan lainnya dari Rakutan, seperti Pasar Global Rakuten ataupun Rakuten Travel.

Dan meski telah secara resmi mengumumkan penutupan layanan jual beli onlinennya di tanah air, Rakuten masih belum berhenti untuk memperluas bisnisnya di Indonesia. Perusahaan asal Jepang itupun berjanji bakal menghadirkan layanan terbarunya ke tanah air dalam beberapa bulan mendatang.

Persaingan di bisnis jual beli online saat ini memang sangat tinggi. Beberapa di antaranya pun bahkan memperoleh kucuran dana yang luar biasa besarnya dari pihak ketiga, sebut saja Tokopedia. Selain itu tak lupa pula menyebutkan Bukalapak yang saat ini juga tengah mengalami tren yang semakin meningkat.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here