Taobao yang dikenal sebagai salah satu situs terbesar dan merupakan situs jual beli terbesar di Cina milik Jack Ma baru saja menjadi korban hacker. Para hacker pun berhasil mencuri setidaknya 20,59 juta username beserta password dari situs Taobao.

Taobao-Jack-Ma

Alibaba yang merupakan perusahaan induk dari Taobao pun mengungkapkan kalau mereka sudah berusaha untuk memblokir serangan cyber tersebut. Pihak perusahaan juga telah melaporkan kasus ini ke kepolisian. Mereka pun menyarankan kepada para pengguna Taobao untuk segera melakukan penggantian password secepatnya.

Menurut laporan yang dikutip dari Reuters, aksi penyerangan hacker ini terjadi pada pertengahan Oktober. Namun pihak Alibaba baru mengetahui kejadian itu pada bulan November. Total, sebanyak 99 juta username dan password berhasil didapatkan hacker dari berbagai situs yang menggunakan layanan cloud computing Alibaba. Dan termasuk di antaranya adalah 20,59 juta data user dan password berasal dari Taobao.

Pihak Alibaba sendiri enggan menjelaskan bagaimana sistem cloud computing milik mereka bisa dibobol oleh hacker. Bahkan mereka mengklaim kalau sistem yang dimiliki oleh Alibaba tidak pernah dibobol oleh para hacker.

Aksi penyerangan cyber dan pencurian data pengguna menjadi aktivitas yang cukup sering terjadi di negara Cina. Akun-akun tersebut, selanjutnya oleh para hacker akan dijual kepada para pelaku scammer yang nantinya memakai akun itu dalam melaksanakan aksi penipuan di dunia online.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here