Keamanan di dunia internet kini nampaknya harus mendapat perhatian lebih serius dari pemerintah Indonesia. Terlebih dalam data yang diungkapkan oleh Internet Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII), situs milik pemerintah dengan domain go.id menjadi sasaran empuk serangan para hacker.

Menurut pantauan Id-SIRTII, dalam periode Januari hingga November 2014, terdapat serangan cyber yang melibatkan 12.088 insuden serangan situs di tanah air. Dan dari data tersebut, terungkap kalau situs pemerintah menjadi target serangan yang paling banyak dengan jumlah insiden melibatkan domain go.id sebanyak 3.288. Dan bulan September menjadi momen yang paling banyak, dengan jumlah serangan mencapai 1.423 insiden.

situs polri hack

Serangan hacker yang kerap dilakukan terhadap situs-situs milik pemerintah tersebut berupa deface. Dan situs yang terkena serangan ini akan mempunyai tampilan yang berubah. Tentu saja kalau serangan tersebut dilancarkan kepada situs pemerintah, hal ini dapat mempengaruhi kinerja lembaga terkait. Terlebih kalau lembaga tersebut mempunyai situs resmi yang aktif. Meski memang pada kenyataannya, banyak situs milik pemerintah yang digarap dengan kurang serius.

via Detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here