Penyimpanan awan atau cloud storage menjadi opsi yang tepat untuk menyimpan sebuah file untuk sebuah perangkat elektronik dengan memori internal yang terbatas. Dengan memakai layanan cloud storage, pemilik perangkat mobile dengan kapasitas penyimpanan yang minimum masih bisa mendapatkan akses penyimpanan berkapasitas besar.


Untuk layanan cloud storage, Dropbox mungkin menjadi pilihan sebagian besar pemilik handphone pintar. Dan, sebagai alternatif, Anda juga bisa memanfaatkan layanan penyimpanan awan yang ditawarkan oleh Microsoft dan Google, yakni SkyDrive dan Google Drive.

Lalu, di antara kedua layanan penyimpanan awan tersebut, mana yang memberikan fitur lebih menguntungkan? Berikut ini adalah perbandingan keduanya.

Google Drive

Google Drive bisa dibukan dalam berbagai jenis platform, dari MAC, PC, OS Chrome, iOS hingga Android. Google pun baru saja membubuhkan fitur baru pada platform iOS yang membolehkan para penggunanya untuk melakukan editing. Selain itu, Anda juga bisa sharing file dengan para pengguna Google Drive yang ada di belahan dunia lain. Dan, dalam file yang tersebut juga akan muncul history yang memperlihatkan aktivitas penggunaan file, terutama jika Ada user lain yang melakukan editing.

Untuk pengguna gratis, Google menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB. Selain itu, dengan membayar uang sebesar $2.5 USD per bulan, Anda bisa memperoleh kapasitas hingga 25GB. Dengan menggunakan Google Drive, Anda juga bisa menyimpan sebuah file yang ada di attachment Gmail secara langsung. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa mengunduh ekstensi Google Chrome dari Chrome Webstore.

SkyDrive

Dari segi kapasitas penyimpanan, SkyDrive milik Microsoft memiliki kapasitas yang lebih besar. Untuk pengguna gratis, Microsoft menyediakan kapasitas sebesar 7GB. Sayangnya, para pengguna email Outlook.com tidak bisa secara langsung menyimpan file attachment di email ke SkyDrive. Sebagai gantinya, Anda bisa menyimpan file attachment di Gmail ke SkyDrive secara langsung menggunakan attachment.me.

Sedangkan untuk fitur editing atau menampilkan dokumen, fitur yang dipunyai oleh SkyDrive tidak jauh berbeda dengan Google Drive. Pihak Microsoft pun menyediakan berbagai aplikasi SkyDrive yang bisa digunakan untuk multiplatform. Anda bisa memakai SkyDrive di PC, MAC, iOS ataupun Android. Bedanya, Microsoft juga memiliki tambahan platform, yakni Windows Phone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here