Mobil pintar RX5 milik Alibaba

Negara-negara barat saat ini berlomba-lomba untuk memproduksi smartCar alias mobil pintar. Seolah tak mau kalah, Cina pun kini mengikuti langkah tersebut. Mobil pintar pertama dari Cina bernama OS’Car RX5 pun telah secara resmi diperkenalkan kepada publik. Mobil pintar ini merupakan hasil kolaborasi antara Alibaba dengan produsen mobil milik pemerintah, SAIC Motor Corp.

Mobil pintar RX5 milik Alibaba
Mobil pintar RX5 milik Alibaba

Mobil pintar dari Cina ini, seperti dilansir dari Slashgear, hadir dengan jenis SUV dan menggunakan sistem operasi yang juga dibuat oleh Cina, yakni YunOS. Setiap pengendara mobil pintar ini masing-masing akan mempunyai identitas internet tersendiri. Mobil pintar ini pun mampu mengenali identitas pengendaranya berdasarkan smartphone yang digunakan.

Alibaba mengungkapkan kalau mobil pintar RX5 miliknya ini dilengkapi dengan kemampuan navigasi yang tidak kalah jika dibandingkan mobil pintar lainnya. Mobil ini dilengkapi dengan kemampuan navigasi meskipun saat tidak tersedia WiFi ataupun GPS. Terdapat pula layar besar yang bisa menerima perintah suara.

Interior mobil pintar RX5
Interior mobil pintar RX5

Sebagai tambahan, mobil pintar milik Alibaba ini juga dilengkapi dengan sarana pembayaran online dari Alibaba, yakni Alipay. Fitur ini pun memungkinkan pengendara mobil untuk berbelanja dengan lebih ringkas. Bisa langsung membayar bensin, kopi, parkir dari dalam mobil. Dan tak ketinggalan, mobil ini juga dilengkapi dengan empat kamera 360 derajat lho!

Alibaba pun kabarnya sudah siap untuk memasarkan mobil pintar pertamanya ini. Mereka pun sudah melayani pemesanan dan mobil bakal mulai secara resmi dijual pada bulan Agustus mendatang. Harganya, berkisar antara 14.940 USD hingga 28.000 USD bergantung dengan model yang dipilih.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here