smartfren

Smartfren menandai keluarnya Andromax B dan Andromax L bukan hanya untuk mewarnai persaingan pasar ponsel. Tetapi juga persaingan meningkatkan pengalaman pengguna smartphone. Buktinya, Smartfren memperkenalkan teknologi Voice Over WiFi (VO-WiFi) dalam dua smartphone terbaru tersebut.

VO-WiFi memungkinkan pengguna smartphone melakukan panggilan suara dengan nomor telepon menggunakan jaringan WiFi. Hal ini tentunya sangat membantu di daerah yang minim sinyal seluler, tetapi mempunyai jaringan hotspot.

Teknologinya mirip seperti Voice Over Internet Protocol (VO-IP) seperti dalam aplikasi WhatsApp, Line ataupun Skype. Bedanya, pengguna aplikasi dengan VO-IP hanya bisa menelepon kepada pengguna aplikasi serupa. VO-WiFi mendobrak batasan itu.

Dengan VO-WiFi, kita bisa melakukan panggilan seperti biasa dengan nomor ponsel bahkan telepon rumah! Biayanya pun normal seperti biaya panggilan telepon biasa.

Tarif Normal di Luar Negeri Sekalipun

Teknologi ini mungkin belum terlalu terasa manfaatnya bila kita hanya berada di jangkauan banyak sinyal seluler. Tetapi kalau kita berada di luar negeri?

VP Brand and Communication Smartfren, Derrick Surya seperti dilansir Kompas Tekno menyatakan keunggulan VO-WiFi ini berguna untuk menelepon dengan lancar dan hemat bila pengguna smartphone sedang berada di luar negeri.

“Matikan saja sinyal (seluler) Smartfren, connect ke WiFi, lalu telepon ke Indonesia. Tarif yang dikenakan adalah tarif voice lokal indonesia, bukan roaming,” kata Derrick.

smartfren notifikasi vo-wifi

Cara melakukan pangilan telepon dari VO-WiFi pun sangat mudah. Cukup membuka panel notifikasi di smartphone, kemudian aktifkan VO-Wifi, smartphone pun siap melakukan panggilan suara. Pengguna di luar negeri bisa menghemat biaya telepon, juga menghemat baterai sebab tanpa menjalankan aplikasi apapun.

Tetapi meski sudah ada di Andromax B dan Andromax L yang baru saja meluncur, teknologi VO-WiFi Smartfren masih berstatus “beta” alias sedang diuji coba dan dikaji ulang. Pengguna bisa menikmati sekaligus melakukan review terlebih dahulu dan melaporkan masalah berkaitan dengan teknologi VO-WiFi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here