Tidak dipungkiri bahwa kini penggunaan smartphone dengan sistem operasi Android mendominasi pasar global. Bila kita ingat kembali, sistem operasi dari Google ini telah membawa banyak perubahan, terutama pada persaingan antar merek yang berlomba-lomba menciptakan smartphone canggih dengan menggunakan sistem operasi Android, seperti salah satu merek yang menggunakan sistem operasi ini adalah Huawei.

Huawei

Belum lama ini, CEO Huawei, Richard Yu, mengatakan bahwa smartphone buatan mereka akan tetap menggunakan sistem operasi Android. Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Minggu (26/6/2016), disebutkan bahwa perkataan tersebut berasal dari akun resmi Weibo milik Richard Yu. Hal ini berkaitan adanya rumor yang mengatakan bahwa Huawei kabarnya tengah mempersiapkan sistem operasi buatan mereka sendiri.

richard-yu

Pada kiriman tersebut, dia mengatakan bahwa perusahaannya akan terus Android selama sifat keterbukaannya (open source) tidak menghambat dan mengganggu kinerja dari smartphone buatan mereka. Selain itu, Richard juga mengatakan dengan adanya sistem operasi dari Google tersebut, banyak perubahan dalam pengembangan smartphone yang menguntungkan para konsumen.

Meski tidak membahas sama sekali mengenai sistem operasi buatan Huawei yang mungkin saja diberi nama Kirin OS, hal ini menjadi semacam klarifikasi dari pihak Huawei. Namun langkah Huawei dalam membuat sistem operasi sendiri bisa saja merupakan kekhawatiran bila suatu saat Google membatasi perkembangan para produsen smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

Memang tidak bisa dipungkiri dengan adanya sistem operasi Android yang bersifat terbuka, para produsen bebas memodifikasi sistem operasi tersebut. Apalagi dengan dukungan pengembang yang sangat banyak, membuat smartphone dengan sistem operasi Android dapat dikustomisasi dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here