OS mobile terbesar di dunia saat ini masih diduduki oleh Android dengan jumlah pengguna aktif terbesar di dunia, dan disusul iOS di posisi kedua. Meski Samsung merupakan pemain terpenting di platform Android, namun perusahaan asal Korea Selatan ini mengembangkan OS milik mereka sendiri yang bernama Tizen. Saat ini OS Tizen memang masih seperti bayi, karena baru segelintir orang yang menggunakan smartphone Tizen.

Smartphone-App-Nougat-Launcher-Released-Tizen-Store

Google sendiri telah merilis OS terbaru yang bernama Android Nougat dan OS tersebut sudah diadopsi oleh Google Pixel dan Pixel XL, serta beberapa perangkat Nexus yang kompatibel. Meski smartphone seri Galaxy bakal mendapat Android Nougat, namun untuk Samsung Z series tidak akan mendapatkannya karena berbasis Tizen.

Namun bagi Anda pengguna platform Tizen yang merindukan rasa Android, maka aplikasi baru bernama “Nougat Launcher” yang tersedia di Tizen Store akan mengobati rasa rindu Anda pada Android. Meski hanya sebuah launcher, namun aplikasi ini bisa memberikan rasa Android pada Samsung Z1, Z2 dan Z3.

Desain yang diusung oleh launcher ini tentunya¬†Googlicious, yang masih mirip-mirip dengan launcher Android Marshmallow. Meski tampilan dasarnya sangat menyerupai Android Nougat, namun untuk beberapa ikon dasar masih tampak ikon khas Tizen. Anda juga akan melihat ikon “G” berwarna-warni di bagian atas, yang mengingatkan kita pada tampilan Google Pixel.

Namun Anda akan menemui beberapa bug pada launcher ini, yakni fungsi recent app belum bisa berfungsi secara penuh. Hal ini masih dirasa wajar, mengingat Tizen merupakan OS baru yang belum begitu dilirik oleh banyak developer aplikasi. Sehingga perkembangan platform ini masih cukup lambat. Diharapkan developer aplikasi Tizen dapat membuat launcher lebih banyak lagi, untuk memperkaya kustomisasi pada smartphone Tizen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here