Produsen besar dunia seperti Samsung, Huawei dan Apple telah meluncurkan chipset flagship mereka dan hanya Qualcomm yang belum mengumumkan chipset flagship generasi berikutnya. Qualcomm Snapdragon 8150 alias Snapdragon 855 adalah chipset flagship generasi berikutnya dan belakangan ini bocoran tentang chipset tersebut terus bermunculan.

Baru-baru ini chipset tersebut telah muncul di database AnTuTu benchmark dengan menorehkan skor 362.292 poin secara keseluruhan. Hal ini berarti melampaui chipset flagship lainnya seperti Kirin 980 yang memiliki skor 273.913 dan bahkan menyalip Apple A13 Bioic yang mencetak skor 353.210.

Tapi tidak hanya membocorkan skor saja, daftar AnTuTu yang telah beredarkali ini juga memberikan informasi tentang konfigurasi core dan kecepatan dari core tersebut. Menurut bocoran kali ini, Snapdragon 8150 hadir dalam konfigurasi core yang tidak biasa, yakni 1 + 3 + 4. Ini akan terdiri dari single-core berkekuatan tinggi, 3-core untuk kecepatan menengah, dan quad-core untuk aktivitas biasa yang membuat penggunaan daya semakin efisien.

Tentu hal ini bertentangan dengan bocoran sebelumnya. Bagaimanapun, CPU Cortex-A76 dengan performa tinggi memiliki clock pada 2,84 GHz, tiga yang sedang (Cortex-A76) memiliki clock pada 2,4 GHz dan lebih kecil Cortex-A55 cluster dari empat core memiliki clockspeed 1,78 GHz. Jika benar, Qualcomm tampaknya mengambil sedikit pendekatan yang tidak konvensional dan menggunakan arsitektur DynamiQ ARM yang memungkinkan produsen memasangkan berbagai jenis core dengan berbagai kecepatan clock ke dalam satu cluster.

Selain itu, skor GPU juga tidak boleh diremehkan juga, di mana skor yang berhasil diraih sebesar 156.328 atau meningkat sekitar 20% atas GPU Adreno 630 yang terdapat pada chipset Snapdragon 845. Namun tetap saja informasi tersebut masih belum bisa dikonfirmasi dan kita harus tetap menunggu perusahaan mengumumkannya secara resmi dalam waktu dekat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here