Chipset Qualcomm Snapdragon 835 merupakan chipset flagship yang paling ditungu-tunggu kehadirannya, dimana perusahaan secara resmi telah mengumumkan chipset tersebut baru-baru ini. Diketahui chipset flagship tersebut bakal membawa teknologi Quick Charge 4.0 yang tentunya bakal lebih cepat dalam mengisi kapasitas baterai.

Sayangnya, produsen chip ini belum memberikan rincian penting tentang chipset tersebut, jadi kita masih bergantung pada rumor dan bocoran untuk mengisi detail-detail yang masih belum diketahui. Baru-baru ini muncul laporan yang mengatakan informasi seputar chipset Helio P35, dimana pada laporan yang sama juga memberikan informasi tentang chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan Snapdragon 660.

qualcomm_snapdragon1

Menurut laporan yang dikutip dari Gizmochina mengatakan bahwa Snapdragon 835 akan membawa kembali arsitektur octa-core, bukan arsitektur quad-core yang selama ini digunakan oleh generasi sebelumnya, yakni Snapdragon 820 dan 821. Untuk core masih Kryo, sehingga akan ada 4 x Kryo @ 3GHz dan 4 x Kryo @ 2.4GHz. Fitur lain dari Snapdragon 835 termasuk GPU Adreno 540, dukungan layar 4K, UFS 2.1 standar untuk penyimpanan internal, dukungan dual kamera dan dukungan empat channel memori LPDDR4x.

Sementara apa yang Anda baca di atas hanya laporan spesifikasi dari Snapdragon 835, Qualcomm hari ini mengadakan sebuah acara di Shenzhen, Tiongkok yang secara resmi mengumumkan bahwa generasi berikutnya dari seri chipset Snapdragon akan datang dengan modem X16 LTE super cepat dengan kelas Gigabit pertama di dunia. Itu akan menjanjikan kecepatan hingga 10x lebih cepat dibandingkan dengan perangkat 4G LTE generasi pertama.

Di sisi lain, generasi terbaru Snapdragon 660 akan menampilkan desain octa-core (4 x Cortex A73 + 4 x Cortex A53) yang diproduksi pada manufaktur 14nm dengan GPU Adreno 512 dan dukungan layar 2K. Qualcomm Snapdragon 835 dikatakan akan meluncur pada kuartal kedua 2017, sedangkan smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 660 harus tersedia pada kuartal ketiga tahun 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here