Software Berbasis AI Ini Bisa Membantu Mewarnai Foto Monokrom Jadul

Software Berbasis AI Ini Bisa Membantu Mewarnai Foto Monokrom Jadul

Jika kita kembali ke beberapa puluh tahun yang lalu saat film pertama kali muncul, teknologi fotografi saat itu masih menggunakan warna monokrom atau hitam putih. Ya, jika kita melihat foto-foto lama atau foto jadul, pasti yang terlihat hanya warna hitam dan putih, dimana kita tidak bisa mengetahui warna apa sebenarnya yang ada di foto lama tersebut.

foto monokrom

Untuk saat ini telah ada upaya dan cara untuk mewarnai foto monokrom, namun para peneliti di University of California di Berkeley mungkin telah datang dengan cara yang lebih cerdas dan lebih efisien untuk melakukannya. Hal ini dicapai melalui penggunaan software berbasis AI (kecerdasan buatan) yang dapat membantu untuk mewarnai foto hitam dan putih.

Dikembangkan oleh Richard Zhang dan timnya, ini sebenarnya bukan sebuah perkembangan baru karena mereka meluncurkan demo dari perangkat lunak mereka pada tahun 2016 lalu. Namun saat itu teknologi AI yang digunakan masih belum cukup cerdas dan sementara itu membantu mewarnai foto, kadang-kadang pewarnaan mereka salah, dimana saat ini Zhang dan timnya telah mengkoreksi dengan aplikasi baru.

Dengan aplikasi baru ini, ada tambahan isyarat dan petunjuk yang dapat membantu perangkat lunak memahami warna yang digunakan untuk menghasilkan hasil yang lebih realistis atau sesuai dengan aslinya. Atau isyarat dan petunjuk ini juga dapat digunakan untuk efek artistik, seperti memberikan foto warna yang berbeda dari apa yang seharusnya. Untuk saat ini belum ada kata bahwa AI tersebut akan diterapkan pada aplikasi editing foto, namun Zhang telah mengunggah aplikasi tersebut ke GitHub jika Anda tertarik untuk memeriksanya.

NO COMMENTS

Leave a Reply