kredit: Cornell University

Satu lagi fungsi dari sebuah smartphone yang bisa digunakan dengan cara sangat menarik. Fungsi tersebut adalah kemampuan untuk mengenali spesies seekor burung. Hal ini bisa dilakukan berkat keberadaan sebuah software buatan peneliti dari Universitas Cornell sertai Visipedia.

kredit:  Cornell University
kredit: Cornell University

Mereka pun berhasil membuat sebuah aplikasi berteknologi pengenalan gambar bernama Merlin Bird Photo ID. Fungsinya, aplikasi ini dapat digunakan oleh para pengguna smartphone untuk bisa mengetahui spesies dari sebuah burung hanya dengan berbekal sebuah foto yang dijepret secara langsung memakai smartphone.

Aplikasi ini mempunyai database yang mewakili sebanyak 400 spesies burung yang ada di Amerika dan Kanada. Selanjutnya, gambar yang dijepret pun akan dibandingkan dengan foto yang sebelumnya telah ada dalam database aplikasi tersebut. Dan dalam hitungan detik, aplikasi ini pun akan bisa menampilkan daftar beberapa nama spesies burung yang mempunyai kecocokan sangat mirip dengan burung yang ada dalam foto.

Merlin Bird Photo ID ini pun bisa menampilkan informasi yang akurat dalam tiga hasil pencarian tertinggi dengan tingkat akurasi mencapai 90 persen. Dan tentu saja tingkat akurasi tersebut pun bisa semakin meningkat seiring dengan pemakaian aplikasi.

via Gizmag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here