Berbicara mengenai smartphone, tentunya tak bisa lepas dari Samsung yang merupakan penguasa segmen ini. Namun bukan berarti produsen lain harus dipinggirkan. Salah satunya adalah Sony yang baru saja mengumumkan tingkat penjualan yang cukup menggembirakan bagi perusahaan asal Jepang tersebut.

Pada kuartal ketiga 2013 ini (kuartal kedua di Jepang), Sony mengungkapkan bahwa mereka telah berhasil menjual sebanyak 10 juta unit smartphone Xperia. Angka tersebut pun menjadi rekor penjualan tertinggi bagi Sony. Sebelumnya, rekor penjualan tertinggi Sony hanya sebesar 400 ribu unit, sebuah angka yang cukup kecil untuk perusahaan sebesar Sony.

Peningkatan drastis tersebut pun berkat peluncuran smartphone Xperia Z1 yang dilakukan oleh Sony pada awal tahun ini. Dan smartphone ini pun kini menjadi smartphone yang memberikan keuntungan paling besar bagi Sony. Berkat angka penjualan 10 juta unit tersebut, saat ini Sony pun menjadi salah satu dari top 5 produsen smartphone dunia.

Sayangnya, meskipun Sony memiliki kabar yang cukup menggembirakan dari segmen smartphone, ternyata perusahaan ini mengalami kerugian secara umum. Total terdapat kerugian sebesar 197 juta USD yang harus ditanggung oleh Sony, hal ini karena divisi lain seperti PC dan TV memperoleh kerugian.

via Unwiredview

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here