Pasar smartphone saat ini telah kehilangan nama Nokia yang telah menjadi milik Microsoft. Dan nampaknya, kemungkinan hal yang sama juga bakal terjadi untuk brand smartphone Sony Xperia. Perusahaan asal Jepang tersebut dikabarkan bakal tak lagi berkecimpung dalam bisnis smartphone.

Kabar kurang menyenangkan ini ditulis oleh Reuters. Dalam laporan tersebut, Sony mempunyai pikiran untuk tak lagi berkecimpung di bisnis smartphone dunia karena terus mengalami kerugian. Pada tahun kemarin, Sony lebih memilih pada segmen high end dan mengurangi porsi untuk smartphone di segmen menengah. Hal ini pada saat itu mereka lakukan untuk memaksimalkan keuntungan.

sony xperia z3 compact_2

Masih menurut laporan tersebut, Sony di bawah pimpinan CEO Kazuo Hirai saat ini mempunyai pandangan yang sangat terbuka tentang berbagai jenis solusi. Baik itu menjual aset atau sebuah divisi dan bahkan melakukan kerjasama seperti halnya pada saat mereka melakukannya dengan Ericsson beberapa tahun lalu.

Sony sendiri memulai langkah untuk menjadi pemain solo di segmen smartphone pada tahun 2012 setelah mereka membeli saham Ericsson di Sony Ericsson. Pada awalnya, mereka mempunyai start yang bagus dan bahkan sempat mengklaim dirinya sebagai produsen smartphone ketiga dunia. Sayangnya, tren tersebut tak berlanjut dan saat ini bisnis smartphone Xperia terus mengalami kerugian.

via Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here