Bicara soal kecepatan media penyimpanan, tentu SSD (solid state drive) lebih unggul dibandingkan dengan jenis penyimpanan lain seperti hard-drive, namun ada hal yang perlu disadari oleh pemilik SSD. Cepatnya mentransfer data ke dan dari SSD dapat menyebabkan kehilangan data hanya dengan menggunakan drive penyimpanan terlalu sering. Meski kasus tersebut tidak sering terjadi namun itu tetap saja masih menjadi sebuah kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Sony SDD

Masalah tersebut dapat ditimbulkan oleh tugas-tugas intensif yang membutuhkan proses R/W tinggi seperti film 4K yang membutuhkan penyimpanan berkecepatan tinggi untuk read maupun write data pada tingkat konstan tanpa kesalahan. Sony menawarkan solusi bagi mereka yang menginginkan penyimpanan SSD untuk keperluan syuting video 4K, dimana SSD buatan Sony dirancang agar tahan lama.

Sony telah merancang drive baru G Series Professional SSD untuk calon pelanggan yang ingin menggunakan solid state drive untuk keperluan syuting video 4K tanpa khawatir takut rusak. Perusahaan mengklaim bahwa SSD ini dapat memberikan pengguna keleluasaan rekaman video 4K secara stabil tanpa frame drop bahkan ketika drive telah rewrited beberapa kali.

Perusahaan juga mengatakan bahwa SSD ini memiliki fitur konektor SATA lebih tahan lama dibandingkan drive konvensional yang memungkinkan mereka untuk plug dan unplug hingga 3000 kali sebelum akhirnya gagal terhubung. Sony menawarkan dua model dalam seri SSD terbarunya. Seri SV-GS96 memiliki kapasitas 960GB penyimpanan dan dibanderol $539 (Rp7,1 jutaan), sedangkan seri SV-GS48 menawarkan kapasitas penyimpanan 480GB dengan harga $287 (Rp3,8 jutaan).

Perusahaan mengatakan bahwa SSD memiliki total lifetime 2.400 TB yang berarti bahwa drive dapat menyimpan hingga penuh lima kali seminggu selama sepuluh tahun. Sedangkan model 460GB memiliki lifetime hingga 1,200TB atau separuh dari lifetime kapasitas 960GB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here