(Kredit: Sony Mobile UK)

Sony sangat memanfaatkan Ajang IFA 2015 yang tengah diselenggarakan di Berlin, Jerman, untuk memperkenalkan jajaran smartphone baru, yakni Xperia Z5 Compact, Xperia Z5, Xperia Z5 Premium. Ketiga smartphone itu pun sudah tersedia secara pre-order di Inggris.

(Kredit: Sony Mobile UK)
(Kredit: Sony Mobile UK)

Tak berapa lama setelah kemunculannya, Sony akhirnya memutuskan untuk memangkas harga keluarga Xperia Z5 sesuai harga aslinya. Jika sebelumnya Xperia Z5 Compact dibanderol  USD837 kini menjadi USD652, Xperia Z5 sebelumnya USD913 sekarang menjadi USD845, dan Xperia Z5 Premium yang sebelumnya USD1,065 kini hanya USD911. Potongan harga untuk ketiga smartphone terbaru dari Sony itu terbilang cukup besar.

Untuk Xperia Z5 Compact saja potongan harganya hampir 20%, dan untuk Xperia Z5 dan Z5 Premium juga cukup besar potongan harganya. Hal ini bagi sebagian orang merupakan kabar menggembirakan bahwa Sony memangkas harga smartphone terbarunya, namun bagi orang yang sudah buru-buru memesan smartphone ini saat pertama kali diluncurkan mungkin merasa kecewa karena mereka harus membayar dengan harga sebelum dipotong. Namun kini tombol yang berfungsi untuk memesan smartphone Xperia Z5 itu kini telah berubah menjadi ‘Coming Soon’ yang berarti pre-order untuk smartphone Xperia Z5 sudah berakhir.

Ketiga keluarga Xperia Z5 ini hampir sama di sisi perangkat kerasnya, sebut saja chip Snapdragon 810 octa core 64 bit dan ruang penyimpanan 32GB serta konfigurasi kamera yang sama pula.

Pembeda yang mencolok dari ketiganya adalah layar yang diusung, Z5 Compact hadir dengan layar 4,7 inci dengan resolusi HD 720p, lalu Xperia Z5 hadir dengan layar 5,2 inci dengan resolusi FHD 1080p, dan Xperia Z5 Premium hadir dengan layar 5,5 inci dengan resolusi 4K. Xperia Z5 Premium merupakan smartphone pertama di dunia yang mengusung layar dengan resolusi 4K.

Selain itu, hal yang paling ditonjolkan dari keluarga Xperia Z5 adalah segi fotografinya, kamera utama yang diusung keluarga Xperia Z5 berkekuatan 23MP yang telah mengalami peningkatan fitur-fiturnya. Sedangkan untuk kamera depannya, keluarga Xperia Z5 memiliki kamera berkekuatan 5.1MP yang dapat merekam video hingga resolusi 1080p serta kemampuan selfie dengan sudut pandang yang lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here