Sony Umumkan Sensor Kamera Smartphone 3 Lapis Pertama Di Dunia

Sony Umumkan Sensor Kamera Smartphone 3 Lapis Pertama Di Dunia

by -
BeritaTeknologi.com

Video slow motion berkualitas tinggi menjadi salah satu fitur high-end yang paling sulit dimiliki oleh kamera smartphone karena ketidakmampuan perangkat tersebut untuk menangkap dan memproses sejumlah frame per detik dengan kualitas tinggi.

slowmo

Sebagai contoh, kamera iPhone terbaru hanya memiliki kemampuan menangkap hingga 240 frame per detik. Namun sensor kamera smartphone terbaru yang diumumkan oleh Sony tampaknya akan menghadirkan fitur keren tersebut dalam waktu dekat.

Sensor kamera smartphone CMOS konvensional biasanya terdiri dari dua lapisan, yakni sensor gambar itu sendiri dan bagian sirkuit untuk pemrosesan sinyal, tapi sensor CMOS baru dari Sony menambahkan lapisan ketiga untuk DRAM, menjadikannya sensor CMOS 3 lapis pertama untuk smartphone. Lapisan tambahan memberikan sensor kemampuan untuk memproses sinyal selama empat kali lebih cepat dari sensor CMOS konvensional.

Tiga tumpuk layer sensor baru ini mampu memproses gambar diam di 19,3 megapiksel hanya 1/120 detik. Salah satu keuntungan dari kecepatan sensor baru ini adalah pengurangan apa yang disebut focal plane distorsi yang terjadi saat pengambilan gambar objek yang bergerak cepat dengan kamera smartphone karena mereka tidak memiliki shutter mekanis untuk mengontrol eksposur.

Sensor baru ini juga mampu menangkap hingga 1.000 frame per detik pada resolusi Full HD yang delapan kali lebih cepat dari sensor kamera smartphone Sony sebelumnya. Sayangnya Sony belum mengumumkan kapan sensor ini diharapkan bisa hadir pada smartphone baru, dan belum diketahui apakah Sony hanya menghadirkan sensor ini secara eksklusif pada smartphone mereka atau tidak.

Tapi perkembangan baru ini pasti menandai langkah maju yang besar untuk teknologi kamera smartphone dan mungkin saja produsen sensor kamera lain bisa mengikutinya dengan teknologi kamera milik mereka sendiri.