Sensor kamera dari Sony memang terkenal akan kualitasnya yang tak bisa dipandang remeh oleh para kompetitornya. Apalagi sensor kamera Sony yang terdapat pada perangkat smartphone, banyak digunakan oleh berbagai merek, termasuk Samsung. Dengan fitur-fitur yang selalu memanjakan para fotografer, membuat para pecinta fotografi dengan menggunakan smartphone lebih mudah dan leluasa dalam berkreasi.

sony-imx318

Terlepas dari semua itu, baru-baru ini Sony memperkenalkan sensor kamera terbaru mereka, yaitu Sony IMX318. Sensor ini berjenis CMOS dengan tipe 1/2.6 dengan ukuran yang lebih padat dan lebih kecil, yaitu hanya 1 micron saja. Dengan begini, sensor kamera ini mampu menangkap gambar lebih terang dibanding dengan seri sebelumnya.

Sony IMX318 memiliki kekuatan sensor yang efektif hingga 22,5 megapiksel, yang mana mampu merekam hingga resolusi 4K dengan kecepatan frame 30 frame per detik, serta merekam di resolusi 1080p dan 720p hingga 120 frame per detik dan 240 frame per detik.

Fitur yang diandalkan pada Sony IMX318 adalah hadirnya fitur hybrid autofocus dengan kecepatan 0,03 detik saja, cepat sekali. Selain itu, fitur ini adalah yang pertama untuk sebuat sensor kamera pada smartphone.

Selain itu juga ada fitur  3-axis electronic image stabilization, yang mana dapat diimplementasikan pada saat merekam video. Fitur ini akan menstabilkan hasil rekaman video agar nantinya hasil video tidak begitu goyang. Sebenarnya sudah ada smartphone yang menggunakan 3-axis electronic image stabilization, yaitu pada LG G4, namun LG menggunakan hardware tambahan, berbeda dengan 3-axis electronic image stabilization yang ada pada Sony IMX318.

Kabarnya sensor kamera Sony IMX318 ini bakal dikapalkan pada Mei 2016 mendatang dan dapat digunakan oleh para klien Sony, seperti Samsung, LG dan Apple pada bulan Juni 2016. Bahkan beredar rumor bahwa Sony Xperia Z6 adalah bakal menjadi yang pertama mencicipi sensor kamera sangar ini.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here