Raspberry Pi memiliki nama yang dikenal luas sebagai produsen PC mungil dengan harga murah. Produk terbarunya adalah Compute Module 3 yang dipatok dengan harga US$30 atau setara Rp399 ribu. Ternyata, ada produk PC mungil lain dengan harga sebanding, tapi memiliki spesifikasi lebih tinggi, yakni Sopine A64.

sopine-2

Pertama, kita lihat dulu spesifikasi yang dimiliki oleh Raspberry Pi Compute Module 3. PC mungil ini hadir dengan prosesor quad core ARM Cortex A53 yang dibarengi dengan RAM sebesar 1GB. Sebagai tambahan, komputer ini memiliki eMMC flash storage berkapasitas 4GB.

sopine-1

Nah, komputer mungil Sopine A64 ini, punya prosesor quad core Allwinner A64 yang berbasis ARM Cortex A53 quad core dengan GPU Mali-400MP2 serta RAM 2GB. Sayangnya, komputer ini tidak dilengkapi dengan flash storage untuk sarana penyimpanan. Sebagai gantinya, tersedia slot microSD.

Harga dari komputer mungil ini, seperti dikutip dari Liliputing, juga tidak jauh berbeda dibandingkan Module 3, bahkan sedikit lebih murah. Produsen Sopine A64 mematok produk terbarunya ini dengan harga sebesar US$29 atau setara Rp380 ribuan. Tersedia pula opsi baseboard yang lengkap dengan USB, HDMI, serta konektor lain dengan banderl US$15. Untuk paket lengkap, baseboard dan Sopine A64, dijual sebesar US$35 atau setara Rp465 ribu.

sopine-3

Dengan spesifikasi tersebut, komputer mungil ini bisa dikreasikan untuk berbagai jenis alat-alat yang menarik. Hanya saja, ada hal yang perlu diperhatikan. Terutama berkaitan dengan komunitas developer. Seperti diketahui, pengguna Raspberry Pi sudah banyak dan tersebar luas. Sementara itu, Sopine A64 kabarnya mendukung Android dan Ubuntu.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here