Ditengah eksistensi Android dan Windows 8 yang terus mendominasi hajatan CES 2013 saat ini, kehadiran platform lain terbaru yang dikembangkan Mozilla tampaknya tidak dapat dikesampingkan begitu saja.

Platform terbaru dari pengembang browser Mozilla yang dikenal sebagai Firefox OS ini, memiliki nama yang sama seperti aplikasi browser Firefox besutannya. Firefox OS sendiri kabarnya lebih ditargetkan pada ketersediaan perangkat dengan biaya yang murah dan lebih terjangkau.

Terlepas dari keberadaan merek perangkat berbasis Firefox OS pertama yang masih belum terungkap sejauh ini, ada kabar yang menyebutkan kalau untuk pengembangan perangkatnya sendiri kemungkinan besar bakal dibangun pertama kali oleh ZTE. Dan bahkan handset berbasis Firefox OS yang diperagakan tersebut tampak mirip seperti ZTE V788D yang pernah dirilis di Cina baru-baru ini.

Walaupun masih dibayang-bayangi dengan asupan fitur low end-nya, handset berbasis Firefox OS pertama ini kabarnya telah didukung dengan kekuatan processor ARMv6 dan RAM 256MB. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi layar 3.5 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel dan kamera berkemampuan 5 MP.

Karena Firefox OS identik dengan keberadaan HTML5, hal ini tentunya jauh lebih baik dibanding perangkat lain dengan spesifikasi yang sama pada platform lainnya.

Sementara menyinggung ketersediaan dan harga perangkat, sayangnya pihak Mozilla tampaknya masih belum mau mengutarakan hal tersebut sejauh ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here