Pada tahun 2015 lalu, Asus meluncurkan smartphone untuk para pecinta selfie, yakni Asus Zenfone Selfie dengan kamera depan beresolusi 13MP. Kini perusahaan asal Taiwan tersebut memperbarui perangkat khusus selfie miliknya yang termasuk ke dalam jajaran Zenfone 4. Namun berbeda dengan pendahulunya, kali ini Asus menghadirkan dua model yang memiliki perbedaan pada spesifikasi, yakni Asus Zenfone 4 Selfie dan Asus Zenfone 4 Selfie Pro.

Asus Zenfone 4 Selfie Pro

Untuk varian tertinggi, yakni Asus Zenfone 4 Selfie Pro (ZD552KL) hadir dengan layar seluas 5,5 inci beresolusi Full HD 1080p dan sudah menggunakan panel AMOLED dengan tingkat kecerahan hingga 500 nits. Smartphone ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snadpragon 652 yang merupakan chipset kelas menengah, namun bukan versi terbaru. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan RAM sebesar 4GB dan ROM sebesar 64GB.

Sama seperti Zenfone 4 dan Zenfone 4 Pro, Asus juga membenamkan sensor fingerprint di bagian depan, yakni pada tombol home. Smartphone ini juga telah menjalankan ZenUI 4.0 berbasis Android Nougat serta memiliki kapasitas baterai sebesar 3.000mAh.

Berbeda dengan model lain pada jajaran Zenfone 4, Asus tidak memberikan setup dual-kamera di bagian belakang untuk Zenfone Selfie. Sebagai gantinya, Asus membenamkan setup dual-kamera di bagian depan untuk menghasilkan foto selfie berkualitas tinggi. Kamera depannya terdiri dari sensor 12MP Sony IMX362 dengan aperture f/1.8 dan sensor 5MP OmniVision 5670 dengan sudut pandang di depan hingga 120°. Ada juga self-timer lampu flash di bagian depan dan dukungan untuk merekam video 4K.

(kredit: Asus)

Meski mengutamakan kamera depan untuk memanjakan para pecinta selfie, namun Asus tidak melupakan kamera utama dari Zenfone 4 Selfie Pro ini. Kamera belakangnya sudah beresolusi 16MP dengan sensor Sony IMX351 yang memiliki aperture f/2.2, PDAF, dan EIS untuk membuat perekaman video lebih stabil.

Asus Zenfone 4 Selfie

Untuk versi yang lebih rendah ini hadir dengan layar seluas 5,5 inci juga, namun masih menggunakan resolusi HD. Untuk model basic ini juga masih ditenagai dengan chipset Snadpragon 430 octa-core yang disandingkan dengan memori RAM sebesar 4GB serta penyimpanan internal sebesar 64GB yang masih bisa diperluas karena ada slot microSD khusus.

Setup kamera smartphone ini juga berbeda dengan varian Pro, dimana Asus Zenfone 4 Selfie memiliki setup kamera depan yang terdiri dari sensor 20MP OmniVision 20.880 yang dikombinasikan dengan sensor 8MP 8856. Sedangkan untuk kamera belakangnya menggunakan sensor 16MP OV16880.

Bicara soal harga, Asus membanderol Asus Zenfone 4 Selfie varian basic dengan harga $279 atau setara dengan Rp3,7 jutaan. Sementara untuk Zenfone 4 Selfie Pro dibanderol seharga $379 atau setara dengan Rp5 jutaan.

 

2 COMMENTS

  1. Setiap negara punya kebijakan masing-masing. contohnya di Indonesia menerapkan kebijakan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebanyak 30% untuk perangkat 4G LTE, yang berarti kebanyakan smartphone 4G dibuat di Indonesia untuk memenuhi TKDN. Smartphone Asus yang beredar di Indonesia buatan Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here