Spesifikasi dan Harga Huawei Mate 10 Pro dan Porsche Design, Smartphone Flaghip...

Spesifikasi dan Harga Huawei Mate 10 Pro dan Porsche Design, Smartphone Flaghip dengan Desain Mewah

Sebagai smartphone flagship, Huawei Mate 10 Pro dan versi premium Porsche Design hadir dengan spesifikasi terbaik yang dimiliki oleh perusahaan. Tak hanya hadir dengan setup kamera dari Leica, hal yang membuat smartphone ini mengesankan adalah dukungan chipset yang memiliki core khusus untuk AI. Sementara untuk Porsche Design tampil lebih mewah, namun memiliki spesifikasi yang sama dengan Mate 10 Pro.

Untuk desain, varian Pro dan Porsche Design ini hadir dengan desain yang sangat menakjubkan. Seperti kebanyakan smartphone flagship saat ini, Mate 10 Pro hadir dengan full-screen display, yang membuat bagian depan smartphone ini didominasi oleh layar. Bezel atas dan bawah smartphone ini terlihat sangat tipis.

Huawei Mate 10 Pro memiliki layar seluas 6 inci berjenis AMOLED dan memiliki rasio 18:9, seperti kebanyakan smartphone full-screen lainnya. Namun untuk resolusinya, tampaknya varian Pro untuk tahun ini tidak setinggi tahun lalu. Mate 10 Pro memiliki resolusi layar  FHD+ 1080 x 2.160 piksel karena mengusung rasio 18:9, dan memiliki kerapatan piksel 402ppi. Sementara Mate 9 Pro yang meluncur tahun lalu memiliki resolusi QHD (1440 x 2560 piksel, 534ppi) namun masih menggunakan rasio konvensional.

Namun tetap saja, bagian layar pada Mate 10 Pro ini bakal memanjakan para penggunanya, dimana selain hampir tidak ada bezel, layar smartphone ini juga mendukung fitur HDR10 dan memiliki sudut pandang yang superior.

Sementara untuk fotografi, Huawei menggandeng Leica untuk membuat setup dual-kamera yang terdiri dari sensor warna 12MP dan sensor monokrom 20MP. Untuk sensor warna memiliki fitur Optical Image Stabilization, dan aperture yang terang, yakni f/1.6. Sementara untuk sensor kedua memiliki aperture f/2.2. Dengan konfigurasi tersebut, tentu kita bisa berharap kamera smartphone ini mampu bekerja dengan baik di kondisi gelap.

Bergeser ke spesifikasi, Mate 10 Pro hadir dengan chipset berbasis AI, yakni Kirin 970 yang mendukung fitur real-time scene detection yang secara otomatis akan memilih pengaturan terbaik. Selain itu, dukungan AI pada chipset juga dapat meningkatkan digital zoom dan deteksi gerakan.

Chipset Kirin 970 juga membawa GPU Mali-G72 MP12 yang merupakan chipset pertama dengan GPU baru tersebut. ARM sendiri menjanjikan jika GPU tersebut memiliki performa 40% lebih baik dari GPU G71. Sementara proses manufaktur 10nm membuat konsumsi daya pada chipset ini lebih efisien. Baik varian Mate 10 Pro atau Porsche Design hadir dengan 6GB RAM, namun untuk penyimpanan internal Mate 10 memiliki kapasitas 128GB sementara Porsche Design 256GB.

Mate 10 Pro hadir dengan tampilan antarmuka EMUI 8.0 terbaru yang sudah menggunakan basis Android 8.0 Oreo. Karena layar smartphone ini yang lebih panjang, tentu fitur split-screen akan terasa lebih nyaman saat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Selain itu, ada juga dukungan DisplayPort untuk menghubungkan ke perangkat monitor.

Berbekal USB Type-C, smartphone ini memiliki fitur fast charging yang dapat mengisi ulang daya baterai 4000mAh dengan cepat dan aman. Huawei sendiri menjanjikan, dengan mengisi daya selama 20 menit Anda bisa menggunakan smartphone ini seharian.

Berbeda dengan Mate 10 yang masih rentan terhadap air, Mate 10 Pro hadir dengan rating IP67 yang membuatnya tahan terhadap air (1 meter untuk 30 menit) dan debu. Sayangnya, untuk meraih fitur tersebut, Huawei harus menghilangkan jack audio 3.5mm pada smartphone ini.

Baik Mate 10 Pro dan Porsche Design akan tersedia pada pertengahan November. Mate 10 Pro akan dibanderol seharga € 800 (Rp1,2 juta) sementara Porsche Edition premium dibanderol seharga € 1.400 (Rp22 jutaan).

NO COMMENTS

Leave a Reply