Spesifikasi dan Harga Huawei Mate 10, Punya Layar QHD dan Dual-Kamera Leica

Spesifikasi dan Harga Huawei Mate 10, Punya Layar QHD dan Dual-Kamera Leica

Seperti yang dijadwalkan, Huawei telah mengumumkan smartphone flagship miliknya pada tanggal 16 Oktober kemarin, yakni Mate 10. Sebagai smartphone flagship, tentu smartphone ini telah dibekali dengan spesifikasi high-end agar mampu berssaing dengan para kompetitornya.

Huawei Mate 10 sendiri hadir dengan desain yang mewah, dimana smartphone ini masih mempertahankan display klasik 16:9. Wujud asli Mate 10 sebelumnya juga telah terlihat pada beberapa bocoran foto yang memperlihatkan wujud Mate 10. Bezel bagian atas dan bawah terlihat cukup tipis, namun di bagian bawah kita masih menjumpai tombol home yang berfungsi juga sebagai sensor fingerprint.

Mate 10 juga hadir dengan layar 5,9 inci degan resolusi QHD 1.440 x 2,560 piksel, sehingga mampu menghasilkan pixel density hingga 499ppi. Tak ketinggalan, Huawei juga menambahkan fitur HDR10 untuk memberikan pengguna pengalaman menonton yang lebih baik.

Bergeser ke sektor fotografi, dimana smartphone ini hadir dengan setup dual-kamera dari Leica. Setup kamera yang diusung smartphone ini benar-bear baru yang juga membawa perbaikan besar-besaran dari model sebelumnya. Setup dual-kamera ini hadir dengan sensor super terang dengan aperture f/1.6 yang tetunya mampu mengumpulkan banyak cahaya ketimbang sensor lama dengan aperture f/2.2. Untuk fitur tambahannya, ada OIS, PDAF dan laser autofocus.

Setup dual-kamera di bagian belakang terdiri dari sensor warna 12MP dan sensor monokrom 20MP. Kamera utama smartphone ini menawarkan fitur 2x digital zoom yang berbasis AI serta mampu merekam video hingga resolusi 4K. Sementara untuk selfie, Huawei Mate 10 memiliki kamera depan beresolusi 8MP.

Chipset yang diusung Mate 10 juga menjadi sorotan, dimana chipset Kirin 970 yang dibangun dengan proses 10nm tersebut memiliki NPU khusus. Dengan begitu, Kirin 970 menjadi chipset pertama yang hadir dengan dukungan AI, yang akan mempercepat mesin pembelajaran bekerja. Chipset ini juga memiliki GPU Mali-G72 MP12 yang akan bekerja baik pada resolusi layar yang tinggi.

Di sisi software, Mate 10 hadir dengan EMUI versi 8.0 yang menggunakan basis Android 8.0 Oreo. Fitur pada software ini adalah dapat menghubungkan perangkat ke monitor DisplayPort untuk menikmati pengalaman seperti desktop. Anda juga dapat menggunakan fitur spit-screen pada layar Mate 10 yang cukup luas untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan.

Split-Screen

Untuk spesifikasi lainnya, Mate 10 hadir dengan 4GB RAM dan 64GB penyimpanan internal yang masih bisa diperluas menggunakan microSD. Namun yang perlu dicatat bahwa slot SIM yang digunakan bertipe hybird. Sementara kapasitas baterai 4000mAh tampaknya menjadi fitur yang diunggulkan, terlebih lagi baterai ini smartphone ini bisa diisi dengan cepat berkat TÜV Safety Certified Huawei SuperCharge. Anda hanya perlu mengisi daya baterai ini selama 20 menit untuk menggunakan smartphone ini seharian.

Sayangnya, Mate 10 hanya memiliki rating IP53 yang tentunya tidak aman jika ingin diajak menyelam ke dalam air. Namun smartphone ini masih memiliki jack audio 3.5mm. Sementara untuk harganya, Mate 10 dibanderol seharga 700 Euro atau setara dengan Rp11 jutaan. Untuk gelombang pertama, smartphone ini akan tersedia di Australia, Cina, Mesir, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Filipina, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, dan Uni Emirat Arab.

1 COMMENT

Leave a Reply