Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya duo iPhone terbaru resmi diumumkan oleh Apple. iPhone 7 hadir dengan sejumlah peningkatan, namun pembaruan yang dibawa oleh iPhone 7 Plus jauh lebih menarik.

Kedua smartphone tersebut meluncur pada sebuah acara yang digelar di San Francisco, AS kemarin. Tak jauh dari rumor yang sempat beredar sebelumnya, iPhone 7 Plus hadir dengan mengusung lebih banyak peningkatan dan pembaruan fitur. Hal baru yang paling menonjol adalah hilangnya port audio jack 3.5mm, tombol Home baru, sertifikasi IP67 tahan air dan debu, serta setup kamera ganda.

iphone-7-plus

Mengulas sektor desain, iPhone 7 Plus masih menggunakan bahan aluminium premium, namun hadir dengan pilihan warna lebih beragam. Generasi iPhone terbaru ini tersedia dalam pilihan warna Jet Black, Black, Silver, Gold, dan Rose Gold. iPhone 7 Plus juga telah memindahkan garis antena di sudut atas dan bawah yang membuatnya tampil lebih bersih.

Tombol home pada iPhone terbaru ini sudah tidak menggunakan tombol klik fisik seperti generasi sebelumnya, melainkan menggunakan fitur trackpad Force Touch yang bisa Anda jumpai pada MacBook terbaru. Selain itu, iPhone 7 Plus juga mendukung Haptic Engine untuk memberikan beberapa efek getar pada tombol home.

iphone-7-plus-warna

Kamera belakang smartphone ini masih berpunuk atau menonjol, namun untungnya iPhone 7 telah mengusung setup dual kamera yang dapat memberikan efek bokeh sekelas dengan kamera profesional. Sensor kamera terdiri dari dua sensor beresolusi 12MP dengan lensa wide angle aperture f/1.8 serta lensa telephoto 56mm dengan aperture f/2.8. Kamera ini diklaim lebih cepat 60% dan lebih efisien 30% dibanding iPhone 6s. Selain itu kamera dilengkapi dengan OIS dan empat LED flash. Untuk selfie atau FaceTime bisa menggunakan kamera depan 7MP.

Karena sudah mengantongi sertifikat IP67, iPhone 7 Plus juga sudah bisa diajak berenang atau menyelam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Karena tak menggunakan audio jack 3.5mm, iPhone 7 Plus telah dibekali dengan adaptor audio jack 3.5mm untuk dihubungkan dengan port Lightning. Jika tidak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan headphone wireless dari Apple.

iphone-7-plus-stereo

Tak perlu ragu lagi soal performa, iPhone 7 Plus sudah menggunakan chip Apple A10 Fusion yang memiliki prosesor quad core dan perusahaan mengklaim jika chipset ini memiliki performa 50% lebih baik dibanding chipset A9. Meski kinerja ngebut, namun tak lupa chipset dirancang khusus agar hemat energi, karena Apple mengklaim jika iPhone 7 Plus memiliki baterai 1 jam lebih lama dibandingkan iPhone 6s Plus. Untuk penggunaan browsing tahan hingga sekitar 13 jam pada jaringan LTE.

apple-iphone-7-plus-5

Sama seperti iPhone 7, smartphone ini juga akan tersedia mulai tanggal 16 September mendatang di negara tertentu dan masa pre-order akan dimulai tanggal 9 September besok. Untuk kapasitas memori tersedia 32GB ($769 – Rp10 jutaan), sementara untuk varian 128GB dan 256GB tentu akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here