Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya Motorola mengumumkan smartphone flagship miliknya yang bernama Moto Z2 Force Edition. Perusahaan sendiri sudah membuka pre-order untuk smartphone ini di AS yang kemudian di susul oleh beberapa negara lain di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika pada awal september mendatang.

Untuk spesifikasi yang diusungnya, smartphone ini akan hadir dengan layar seluas 5,5 inci beresolusi Quad HD dengan ShatterShield sebagai pelidung layar. Sedangkan untuk bodinya terbuat dari bahan aluminium seri 7000 untuk menambahkan kekakuan serta menambah kesan premium pada smartphone flagship ini.

Di bagian dapur pacunya, kita akan mendapati chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang disandingkan dengan RAM 4GB dan ROM 64GB yang masih bisa diperluas dengan microSD. Sementara untuk operasi sistem yang dijalankan sudah Android 7.1.1 Nougat.

Di bagian belakang, smartphone ini mengusung setup dual-kamera yang terdiri dari dua sensor 12MP dengan aperture f/2.0. Salah satu lensa mampu menangkap gambar berwarna, sementara lensa satunya hanya menangkap gambar monokrom atau hitam putih. Dengan mengkombinasikan keduanya, Anda dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam, serta mampu membuat efek blur pada background sementara fokus objek semakin tajam. Ada juga fitur PDAF, Laser AF dan video 4K, namun OIS tidak ditemukan pada smartphone ini.

Sementara untuk selfie atau video call dapat menggunakan kamera depan beresolusi 5 MP f/2.2. Untuk fitur penting lainnya ada slot dual-SIM, NFC, dual band Wi-Fi 802.11ac dengan MIMO, USB Type-C, dan Bluetooth 4.2 yang akan diperbaui ke versi 5.0 ketika Android O sudah tersedia. Ada juga lapisan nano water repellant untuk menggulirkan air. Sayangnya kapasitas baterai turun dari 3.500mAh menjadi 2.730mAh, namun ntungnya sudah ada charger 15W Turbopower.

Tak ketinggalan, smartphone ini juga memiliki dukungan penuh untuk modul Moto Mod, termasuk modul yang diperkenalkan tahun lalu dan yang baru diumumkan tahun ini untuk Moto Z2 Play. Moto Z2 Force dibanderol seharga $800 (Rp10,6 jutaan), yang lebih mahal $80 dari pendahulunya saat pertama kali diumumkan.

Motorola juga mengumumkan 360 Camera Moto Mod, dimana kemampuan utama Moto Mod ini dapat merekam video 360 beresolusi 4K dengan audio 3D. Bahkan video tersebut bisa langsung diedit melalui smartphone, serta dapat disiarkan secara langsung. Untuk harganya, 360 Camera Moto Mod dengan harga $ 299 atau setara dengan Rp3,9 jutaan.

Spesifikasi: Motorola Moto Z2 Force Edition
Layar: 5,5 Super AMOLED QHD
Fingerprint: Ya
CPU/Chipset:  Qualcomm Snapdragon 835
RAM: 4GB
Memori Internal: 64GB
Slot MicroSD: Ada
Baterai: 2.730 mAh
Kamera Belakang: Dual 12MP+12MP RGB & BW, f/2.0
Kamera Depan: 5MP, f/2.2
OS: Android 7.1 Nougat
Koneksi: Dual SIM 4G
NFC: Ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here