Spesifikasi dan Harga Nokia X6, Usung Chipset Snapdragon 636 dan Display Berponi

Spesifikasi dan Harga Nokia X6, Usung Chipset Snapdragon 636 dan Display Berponi

Setelah beberapa bulan belakangan ini rumor mengenai kehadiran Nokia X6 sering bermunculan, akhirnya HMD global mengumumkan secara resmi Nokia X6 di Tiongkok. Seperti yang diharapkan sebelumnya, smartphone ini akan menyasar segmen kelas menengah dengan mengandalkan tampilan bodi yang premium.

Menariknya dari desain Nokia X6 adalah cakupan kaca hingga 95% pada bodinya, dengan frame yang terbuat dari logam. Smartphone ini menawarkan layar seluas 5,8 inci dengan aspek rasio 19:9, sehingga menghasilkan resolusi FHD+ (1080×2280 piksel). Untuk pelindungnya, layar smartphone ini dilapisi dengan Gorilla Glass 3 di atasnya. Notch atau poni merupakan daya tarik utama dari Nokia X6, dimana bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk kamera depan serta beberapa sensor dan lubang speaker.

Smartphone ini mengusung kamera depan beresolusi 16MP yang memiliki aperture f/2.0 dan memiliki kemampuan pengenalan wajah untuk membuka kunci smartphone. Meski menawarkan teknologi pengenalan wajah, Nokia X6 masih menawarkan sensor fingerprint di bagian belakang.

Sementara di bagian belakang terdapat setup dual-kamera beresolusi 16MP f/2.0 dan sensor monokrom 5MP f/2.2. Semua kamera dibantu oleh beberapa trik AI yang keren. seperti blur latar belakang, pengenalan wajah, ekspresi dan filter yang dinamis.

Datang sebagai pesaing Redmi Note 5 dan kawan-kawan, Nokia X6 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636, yang saat ini tengah menjadi primadona untuk chipset kelas menengah ke bawah. Nokia X6 tersedia dalam model RAM 4GB dengan memori internal 32GB/64GB dan model RAM 6GB dengan memori internal 64GB. Kedua model memiliki slot microSD hybrid untuk menambah kapasitas memori jika tidak menggunakan dual-SIM.

Untuk sistem operasi yang dijalankan adalah Android 8.1 Oreo dan dijanjikan untuk mendapatkan pembaruan Android P ketika tersedia. Meski kapasitas baterainya hanya sebesar 3.060mAh, namun smartphone ini sudah menggunakan konektor USB-C yang memungkinkan fitur Quick Charge 3.0. Dengan fitur tersebut, baterai smartphone ini dapat terisi hingga 50% dalam waktu 30 menit.

Untuk ketersediaannya, Nokia X6 akan mulai dijual di pasar Tiongkok pada 21 Mei mendatang. Sementara harga yang dibanderol untuk model 4GB/32GB seharga CNY 1.299 (Rp2,8 jutaan), model 4GB/64GB seharga CNY 1.449 (Rp3,3 jutaan), dan model tertinggi 6GB/64GB dibanderol seharga CNY 1.699 (Rp3,7 jutaan). Pilihan warna yang tersedia untuk smartphone ini termasuk biru, hitam, dan perak. Sayangnya belum diketahui ketersediannya untuk pasar luar Tiongkok.

NO COMMENTS

Leave a Reply