Seperti yang diharapkan, Sony telah meluncurkan Xperia XZ1 dan Xperia XZ1 Compact pada ajang IFA 2017, dimana keduanya meneruskan Xperia XZ dan X Compact yang meluncur tahun lalu. Kedua smartphone ini sebelumnya sering muncul pada laporan bocoran, dan sejauh ini bocoran yang muncul sebelumya telah dikonfirmasi oleh Sony karena smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang diharapkan. Kali ini kita akan membahas mengenai Xperia XZ1 sebagai model utama.

Secara desain, smartphone ini memang terlihat mirip dengan Xperia XZ Premium yang meluncur awal tahun ini, namun dengan perbaikan desain. Xperia XZ1 hadir dengan ukuran yang lebih kecil, yakni memiliki layar seluas 5,2 inci beresolusi Full HD 1080p dengan fitur HDR Display serta telah dilapisi dengan Gorilla Glass 5. Sama seperti flagship milik Sony lainnya, smartphone ini juga telah mengantongi sertifikasi IP 68 untuk ketahanan air dan debu. Seperti biasa, Sony masih menempatkan sensor fingerprint pada tombol home.

Xperia XZ1 hadir dengan chipset flagship Snapdragon 835 yang disandingkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal sebesar 64GB yang masih bisa diperluas menggunakan microSD. Namun jika anda ingin menggunakan microSD, Anda harus merelakan slot SIM dua karena slot yang diusung bersifat hybrid. Tak ketinggalan, smartphone ini juga telah menjalankan Android 8.0 Oreo langsung dari kotak dan memiliki baterai 2.700mAh.

Nah untuk sektor fotografi, tampaknya Sony belum berniat terjun ke segmen dual-kamera karena flagship miliknya tahun ini masih mengandalkan kamera tunggal. Sistem kamera yang diusung Xperia XZ1 sama seperti XZ Premium, yakni Motion Eye dengan sensor 19MP yang memiliki fitur Predictive Capture. Fitur tersebut akan mengambil gambar beberapa detik sebelum Anda benar-benar menekan tombol shutter untuk memotong hal-hal yang tidak dinginkan.

Menariknya, kamera Xperia XZ1 juga bisa merekam video slow motion super 720p pada 960fps selain dapat merekam video 4K dengan kecepatan standar. Tapi saat menawarkan stabilisasi elektronik SteadyShot dari Sony untuk video, kamera ini tidak memiliki stabilisasi gambar optik untuk stabilisasinya. Sementara untuk selfie, anda bisa menggunakan kamera depan beresolusi 13MP.

Smartphone ini sudah memasuki masa pre-order di Eropa dengan banderol harga sebesar £599 atau setara dengan Rp10 jutaan. Sementara pengiriman akan dimulai pada tanggal 22 September mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here