Spesifikasi Nvidia GeForce GTX 1080 Ti Beredar, Bakal Jadi Penengah VGA Card...

Spesifikasi Nvidia GeForce GTX 1080 Ti Beredar, Bakal Jadi Penengah VGA Card Papan Atas

by -

Nvidia telah merilis VGA card monster mereka untuk pasar konsumen, Titan X Pascal. Dengan spesifikasi yang jauh berada di atas GeForce GTX 1080, kartu grafis tersebut disebut-sebut menjadi yang tercepat untuk bermain game. Resolusi 4K bukanlah hambatan besar untuk Titan X Pascal karena mampu membabat habis dengan memberikan FPS yang tinggi pada beberapa pengujian bermain game.

nvidia

Tapi nampaknya Nvidia ingin mengisi jarak yang terlampau jauh antara GeForce GTX 1080 dengan Titan X Pascal. Seperti yang dilansir dari VR-Zone, Sabtu (17/9/2016), baru-baru ini beredar kabar Nvidia tengah mempersiapkan VGA card ter-anyar mereka, GeForce GTX 1080 Ti. Seperti yang kita tahu, dengan tambahan “Ti” berarti VGA card tersebut bakal berada di atas GeForce GTX 1080.

Hal ini juga dibuktikan dengan beredarnya sebuah gambar yang nampaknya hasil screenshot spesifikasi detail dari GeForce GTX 1080 Ti, yang berasal dari forum OC3D. Menurut anggota forum yang mengunggah gambar tersebut mengatakan berasal dari situs Nvidia langsung. Sayangnya kini halaman tersebut dikatakan sudah tidak ada.

gtx-1080-ti-spec-sheet

Berdasarkan hasil secreenshot tersebut, Nvidia membekali GeForce GTX 1080 Ti dengan GPU yang sama persis dengan Titan X Pascal, GP102. Namun yang menjadi pembeda kartu grafis ini dengan Titan X Pascal adalah jumlah streaming multiprosesor (SM) yang menjadi 26 (Titan X Pascal memiliki 30 streaming multiprosesor). Lalu terdapat 3328 CUDA core, yang mana lebih banyak dari GeForce GTX 1080 dan lebih sedikit dari Titan X Pascal.

Base clock yang terdapat pada GeForce GTX 1080 Ti ini terulis sebesar 1503MHz dan 1623MHz untuk boost clock. Mengusung jenis memori GDDR5, ukuran VRAM yang terdapat pada kartu grafis ini sebanyak 12GB. Angka memori clock-nya pun juga tinggi, yakni sebesar 8GHz. Soal asupan daya tidak jauh berbeda dengan Titan X Pascal, yang mana memiliki beban daya sebesar 250 Watt saat kondisi bekerja penuh, sehingga disarankan menggunakan power supply dengan daya minimal 600 Watt. Kabarna sendiri membutuhkan satu buah 6 pin dan satu buah 8 pin power dari power supply.

Untuk kabar mengenai kapan beredar nampaknya masih belum diketahui. Namun banyak rumor yang mengatakan paling tidak sekitar akhir bulan ini atau awal bulan Oktober mendatang Nvidia bakal mengumumkan GeForce GTX 1080 Ti ini.

NO COMMENTS

Leave a Reply