You are currently viewing Spesifikasi Proyek Ara dari Google Beredar, Gunakan Layar 13 Inci

Spesifikasi Proyek Ara dari Google Beredar, Gunakan Layar 13 Inci

Konsep smartphone yand dapat diganti-ganti komponennya, alias smartphone modular memang masih sebuah konsep hingga saat ini. Salah satu perusahaan yang berusaha mewujudkannya adalah Google, dengan proyek yang bernama Ara. Setelah mengakuisisi Motorola di tahun 2011, akhirnya konsep awal dari smartphone modular ini dikenalkan pada tahun 2012.

ara

Kini nampaknya proyek Ara tersebut bakal meluncur di hadapan publik dalam waktu yang tidak lama lagi. Pasalnya baru saja beredar sebuah bocoran spesifikasi, yang mana berasal dari software pengujian GFXBench. Seperti yang dikutip dari VR-Zone, Selasa (9/2/2016), pada screenshot tersebut nampak jelas tertulis bahwa Proyek Ara tersebut memiliki kode nama A8A01.

Banyak yang menduga bahwa ini adalah prototipe dari proyek Ara tersebut, karena Google sendiri belum memberikan bocoran apapun mengenai ini. Dari screenshot tersebut nampak smartphone modular ini mengusung SoC dari Qualcomm Snapdragon 810, dengan GPU dari Adreno 430, serta ada juga RAM sebesar 3GB.

Project-Ara-spek

Yang cukup mengherangkan adalah adanya penyimpanan yang memiliki dua kapasitas berbeda, yaitu 10GB dan 25GB. Belum tahu apakah proyek Ara ini bakal mengusung dual memori internal atau bagian dari penggunaan micro SD saja. Namun hal ini cukup menarik perhatian netizen karena belum ada smartphone yang mengusung dua memori internal. Tidak ketinggalan juga layar berukura 13,8 inci di resolusi Full HD 1920×1080.

Dibagian kamera ada sensor berkekuatan VGA pada bagian belakang, serta 5 megapiksel pada bagian depannya. Cukup aneh memang bila kamera utama kalah performa dibanding kamera depan, namun mengingat smartphone ini dapat dirombak, para pengguna nantinya bisa mengganti komponennya dengan mudah, sesuai keinginan.

Besar kemungkinan Google bakal memperkenalkan kembali proyek Ara pada acara Google I/O, yang berlangsung pada 18 hingga 20 Mei mendatang, di markas Google, Mountain View.

(ND)

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply