Kabar mengenai kartu grafis alias VGA card dari AMD yang terbaru, Radeon Pro Duo, akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan lantaran kartu grafis ini kabarnya memiliki kemampuan yang mengagumkan. Bahkan AMD Radeon Pro Duo ini disebutkan sebagai kartu grafis tercepat di dunia.

amd-radeon-pro-duo-new-1

Nah menjelang perilisannya yang semakin dekat, akhirnya spesifikasi dari VGA card AMD Radeon Pro Duo ini muncul di dunia maya. Seperti yang dilansir dari WCCFtech, Senin (25/4/2016), dikatakan bahwa brosur dari kartu grafis ini sudah beredar di dunia maya belum lama ini. Meski pihak AMD belum mengumumkan secara resmi, namun brosur tersebut nampak asli.

amd-radeon-pro-duo-new-3

Dengan mengemas dua GPU andalan AMD, Fiji XT, Radeon Pro Duo ini bakal dibekali dengan 8192 stream processor. Selain itu ada juga memori dengan total 8GB, yang jenis memori digunakan adalah HBM. Lalu juga dituliskan bahwa kartu grafis ini mampu memproses hingga 16,8 Tera FLOPS. Bandwidth yang dihasilkan pun mampu mencapai hingga 1.024GB/s, dengan interface memorinya 4.096 bit.

amd-radeon-pro-duo-new-0

amd-radeon-pro-duo-new-4

Yang menarik adalah, pada brosur yang beredar tersebut dituliskan bahwa AMD Radeon Pro Duo ini 1,5 kali lebih cepat dibandingkan dengan VGA card dari Nvidia GeForce Titan X, sehingga membuat kartu grafis ini menjadi yang tercepat di dunia. Untuk pendinginnya, seperti berita sebelumnya AMD Radeon Pro Duo bakal menggunakan pendingin air, LiquidVR.

Menggunakan dua buah GPU tentunya membuat kebutuhan asupan daya pada kartu grafis ini menjadi tinggi dibandingkan dengan kartu grafis pada umumnya. AMD Radeon Pro Duo membutuhkan 8 power pin sebanyak 3 buah (24 power pin), yang setidaknya memakan daya 350 watt.

amd-radeon-pro-duo-new

VGA card ini sendiri kabarnya bakal dirilis tidak lama lagi, alias besok pada tanggal 26 April. Untuk harganya, diperkirakan AMD bakal mematok Radeon Pro Duo dengan harga fantastis, yakni sekitar 1.500 USD atau berkisar 20 juta Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here