Teknologi saat ini semakin canggih, membuat banyak produk inovatif yang hadir pada kehidupan kita. Seperti robot, dimana telah diprediksi bakal hadir berdampingan dengan manusia sejak beberapa tahun terakhir. Kali ini memang benar bahwa kehadiran robot telah mengampiri kehidupan manusia, seperti robot Sphero 2.0.

Jangan membayangkan bentuk robot yang sangar atau menyeramkan, karena pada Sphero 2.0 ini adalah robot yang bentuknya mirip seperti sebuah bola base ball. Namun jangan takut, robot Sphero 2.0 ini bukanlah robot yang sangar atau jahat, karena robot ini hanya dapat dikendalikan melalui smartphone atau tablet yang menggunakan sistem operasi iOS, Android, atau Windows, melalui koneksi Bluetooth.

sphero-20-01

Apa istimewanya robot ini? Robot Sphero 2.0 ini memang bukanlah sebuah robot yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia, seperti robot polisi yang belum lama ini dikenalkan, atau robot yang dapat mengatarkan barang belanjaan. Namun robot ini lebih cenderung untuk bersenang-senang karena Sphero 2.0 sudah dilengkapi dengan Augmented Reality.

Bagi yang belum tahu, Augmented Reality (AR) adalah sebuah tampilan yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi, ke dunia nyata. Namun dalam hal ini kita memerlukan sebuah smartphone atau tablet, untuk dapat menikmati Augmented Reality ini.

sphero-20-0

Hal lain yang dapat dilakukan oleh Sphero 2.0 ini adalah beratraksi di berbagai medan jalan. Seperti melewati bola api, melompati berbagai rintangan, dan masih banyak lainnya. Untuk kecepatannya sendiri, Oh ya robot bola ini mampu melesat hingga kecepatan 7,2 km/h dan dilengkapi dengan sensor gyroscope serta accelerometer. Selain itu kita dapat memprogram ulang Sphero 2.0 ini, serta memperbarui firmware dan game yang berbasis AR-nya, sehingga memberikan pengalaman lebih menyenangkan.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here