Spotify merupakan salah satu layanan penyedia streaming musik terbesar di dunia, dan berbeda dengan perusahaan lain seperti Google, Apple, atau Amazon, perusahaan ini sepenuhnya bergantung pada streaming musik. Karena streaming musik merupakan satu-satunya bisnis Spotify, jadi jika sewaktu-waktu label memotong hubungan dengan perusahaan akan memunculkan masalah yang besar, berbeda dengan perusahaan lain yang masih memiliki bisnis lain seperti hardware.

Jadi bukan hal yang mengejutkan jika Spotify kini mulai melirik bisnis hardware yang tengah populer saat ini, yakni bisnis smart speaker. Bukan tidak mungkin perusahaan tengah mencoba membuat smart speaker milik mereka sendiri, karena menurut laporan baru-baru ini mengatakan jika Spotify tengah menguji fitur voice assistant milik mereka sendiri, dimana fitur ini nantinya bisa digunakan untuk smart speaker milik Spotify.

Pihak Spotify sendiri telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya memang tengah menguji fitur baru ini di aplikasi Spotify, namun sayangnya mereka belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai pengujian fitur tersebut. Jadi, belum diketahui secara pasti rencana apa yang akan diambil oleh perusahaan dengan fitur tersebut.

Namun mengingat voice assistant atau perintah suara merupakan salah satu keunggulan dari smart speaker, jadi tidak mengherankan jika Spotify bakal membuat software untuk voice assistant milik mereka sendiri untuk diterapkan pada smart speaker Spotify.

Seperti yang berdiri Spotify sudah bisa dialirkan langsung dari sistem speaker tertentu, namun memiliki perangkat keras mereka sendiri berarti mereka akan membuka aliran pendapatan lainnya. Terlepas dari rencana apapun dengan fitur tersebut, kita nantikan saja kabar selanjutnya dari Spotify.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here