Dibandingkan hard drive, solid state drive mempunyai keunggulan dalam hal kecepatan penulisan serta pembacaan data. Tidak mengherankan kalau harga jual SSD di pasaran pun lebih tinggi jika dibandingkan HDD. Namun kini, selisih harga antara SSD dengan HDD nampaknya mulai mengecil. Bahkan Sandisk baru saja meluncurkan produk SSD yang mereka klaim mempunyai harga jual setara HDD.

z400s

SSD tersebut adalah Z400s series. Meskipun murah, bukan berarti SSD ini tak mempunyai performa yang bagus. Pihak Sandisk mengungkapkan kalau SSD Z400s ini mempunyai performa 20 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan HDD. Selain itu, SSD ini juga lebih unggul dalam hal konsumsi data, yakni hanya butuh 1/20 power dari HDD. Di waktu yang bersamaan, SSD ini juga mempunyai reliability 5 kali lebih tinggi.

Sandisk menawarkan SSD ini dalam beberapa model dengan kapasitas terkecil adalah 32GB hingga yang paling besar mencapai 256GB. SSD ini pun tak hanya tersedia untuk perangkat komputer serta laptop. Tapi juga dapat dipakai untuk perangkat embedded seperti yang ditujukan untuk aktivitas pengintaian, point-of-sales dan sebagainya. SSD ini bakal tersedia dalam bentuk 2.5 inci, M.2 atau mSATA.

via Liliputing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here