sumber foto: brightedge

Masyarakat India saat ini benar-benar memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Pertumbuhan startup di negara tersebut pun sangat pesat. Menurut hasil survei ekonomi tahunan yang dilakukan oleh Union Budget of India, keberadaan startup teknologi tersebut berhasil menjadi daya tarik baru bagi para investor luar negeri.

sumber foto: brightedge
sumber foto: brightedge

Mereka pun mencatat bahwa dalam satu tahun terakhir, terdapat peningkatan jumlah startup di India sebanyak 40 persen. Peningkatan ini, seperti dikutip dari TechinAsia, berdampak positif pada keberadaan 80 hingga 85 ribu lahan pekerjaan baru di negeri Bollywood tersebut. Mereka pun mengklaim kalau saat ini India saat ini telah berevolusi menjadi basis startup teknologi terbesar ketiga di dunia.

Dalam survei ini pun terungkap kalau setidaknya lebih dari 2000 startup berhasil memperoleh suntikan dana dari para investor sejak tahun 2010. Menariknya, dari angka tersebut, 1004 startup di antaranya adalah startup yang lahir pada tahun 2015. Mereka pun mencatatkan kalau saat ini secara total terdapat 19.400 startup di India, dan 5000 di antaranya lahir di tahun 2015.

Dalam survei ini setidaknya terdapat delapan startup yang bertranformasi menjadi perusahaan teknologi besar yang mempunyai nilai lebih dari 1 miliar USD. Dan dari sisi pemerintah, dukungan infrastruktur, kemudahan dalam berbisnis serta kemudahan pajak pun menjadi faktor positif pertumbuhan startup asal India.

Indonesia saat ini pun menjadi lahan yang tak kalah menjanjikan bagi para startup teknologi baru. Bahkan tak sedikit pula startup asal tanah air yang memperoleh suntikan dana dari para investor. Dengan potensi tersebut, tak menutup kemungkinan kalau fenomena seperti ini pun bakal menular ke tanah air.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here