Apakah Anda sering menggunakan fitur Street View di smartphone Anda? Fitur Street View dari Google ini memang mengasyikan, karena kita dapat seolah-olah berada di tempat yang kita tuju dengan dapat melihat keseluruhan lokasi secara 360 derajat. Nah, kali ini layanan Street View memisahkan diri dari Google Maps.

Street View

jika sebelumnya kita harus mengakses Google Maps, kemudian menancapkan pin ke suatu jalan, baru kita dapat mengakses Street View. Namun kali ini layanan tersebut dapat diakses tanpa harus membuka Google Maps terlebih dahulu. Dengan terpisahnya kedua aplikasi tersebut, pengguna juga dapat memotret foto secara 360 derajat kemudian mengunggahnya ke Streev View.

Sebelumnya pun, secara teknis Google Maps dan Street View terdiri dari dua file APK yang berbeda, namun harus digunakan secara bersamaan. Pada Google Street View v.2.0 ini semua berubah, aplikasi tersebut kini bisa dijalankan secara mandiri tanpa harus mengakses Google Maps terlebih dahulu.

Aplikasi Street View ini juga dapat terhubung dengan kamera canggih 360 yang telah Google umumkan dalam konferensi I/O tahun ini. Selain itu, pengguna juga dapat mengunggah foto 360 derajat atau yang biasa dikenal photosphere dengan menggunakan kamera dari smartphone. Caranya cukup mudah, pertama pengguna hanya perlu memilih icon kamera yang ada di sudut bawah, kemudian bidik gambar sesuai arahan dari aplikasi Street View.

Photosphere

Yang perlu digaris bawahi adalah, tidak semua smartphone dapat membidik photosphere, ada syarat agar dapat membidik gambar secara 360 derajat. Smartphone yang digunakan haruslah memiliki sensor gyroscope, tanpa sensor tersebut, fitur photosphere tidak dapat digunakan. Selain itu, smartphone Android yang digunakan harus berjalan minimal di sistem operasi Android Lollipop.

Bagi Anda yang ingin mencicipi aplikasi Street View secara terpisah, dapat mengikuti link berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here