drone-simulator-microsoft

drone-simulator-microsoft

Mencoba-coba manuver dan gaya terbang drone memang mengasyikkan. Sayangnya, dalam dunia nyata, kita pasti dibatasi oleh kehati-hatian diri sendiri supaya drone tidak jatuh, menabrak dan rusak. Kita tidak bisa bebas berkreasi di dunia nyata.

Itulah sebabnya Microsoft membuat sebuah simulator drone bernama AirSim dalam divisi riset milik mereka, Aerial Informatics and Robotics Platform. Bahkan bukan hanya drone, kedepannya simulator ini bisa digunakan untuk robot ataupun segala mesin dengan perangkat kendali.

microsoft-airsim-simulasi-drone
kredit: TheVerge

AirSim dibekali dengan dunia render yang begitu realistis, dibangun dalam platform open-source berbasis Unreal Engine yang kita tahu, juga dipakai para developer game besar maupun kecil. Seperti simulator lain, kita bisa memasukkan banyak input, semacam sensor atau kontrol dengan data yang tersedia.

Bahkan kabar baiknya lagi, AirSim telah dibekali support data dari vendor drone terkenal seperti DJI dan MavLink! Bagi yang penasaran seperti apa tampilannya, video di bawah ini merupakan video resmi dari Aerial Informatics and Robotics Platform Microsoft.

Berikutnya Microsoft masih ingin mengembangkan AirSim supaya jangkauan simulasi yang diberikan bisa lebih luas. Bila sahabat beritateknologi ingin tahu lebih lanjut, kunjungi saja website resmi Aerial Informatics and Robotics Platform Microsoft.

AirSim tersedia untuk platform Linux dan Windows, bila ingin langsung mendapatkannya, sahabat bisa mendownloadnya langsung di GitHub Microsoft.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here