Setelah kemunculannya di iOS disambut baik, aplikasi Prisma beberapa waktu yang lalu telah menyambangi platform robot hijau Android dan benar saja, baru beberapa hari digulirkan di Play Store, jutaan orang langsung mengunduhnya.

App Prisma

Jika Anda belum mengenal aplikasi Prisma, itu adalah aplikasi foto yang dapat menambahkan filter khusus, sehingga hasil foto akan menjadi seperti lukisan seorang seniman. Tentu untuk menghasilkan foto layaknya lukisan seorang seniman, pengembang aplikasi Prisma menggunakan sebuah proses yang didukung oleh jaringan syaraf tiruan.

Aplikasi ini hampir mirip dengan Instagram, Anda hanya perlu menangkap gambar langsung dari kamera atau memuat dari galeri, kemudian pilih salah satu dari 30 filter artistik yang tersedia, kemudian simpan jika Anda telah menemukan yang cocok. Bahkan Anda bisa juga mengatur seberapa banyak tingkat filter yang digunakan. Pada dasarnya jaringan syaraf memproses gambar Anda dan menggambar ulang foto dalam gaya filter yang dipilih. Setelah beres, Anda bisa menyimpan atau membagikannya ke sosial media.

Namun sepertinya itu saja dirasa masih kurang, karena ada fitur yang belum hadir pada aplikasi ini, yakni dukungan video. Saat ini Prisma hanya mendukung editing foto saja, namun itu akan berubah kedepannya. Menurut co-founder Prisma, Alexei Moiseenkov, dalam hitungan beberapa minggu ke depan, aplikasi Prisma akan membawa gaya artistik yang sama untuk klip video pendek.

Teknologi yang diperlukan untuk hal tersebut nampaknya sudah siap, namun startup tersebut harus bekerja keras pada pembaruan infrastruktur komputasi untuk menangani beban tambahan. Itu merupakan hal yang bagus, karena hanya dengan mengandalkan editing foto saja dapat membatasi kreatifitas seseorang dalam menciptakan karya seninya. Kita tunggu saja perkembangan dari Prisma, sementara Anda yang ingin mencoba aplikasi keren ini bisa mengunduhnya di Play Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here