Xiaomi baru saja diumumkan sebagai produsen smartphone ketiga terbesar dunia setelah Samsung dan Apple oleh Strategy Analytics. Meskipun begitu, jangan berharap kalau secara finansial Xiaomi juga merupakan sebuah perusahaan dengan nilai profit yang tinggi.

Dalam sebuah laporan yang diajukan oleh Xiaomi ke China Securities Regulatory Comission, pada tahun 2013 Xiaomi hanya memperoleh keuntungan sebesar 347,5 juta yuan atau setara 722 miliar rupiah. Angka tersebut pun sangat jauh jika dibandingkan dengan pendapatan total Xiaomi yang mencapai angka 26,6 miliar yuan atau setara 55,33 triliun rupiah. Jadi, Xiaomi hanya memperoleh profit sebesar 2 persen.

hugo barra xiaomi

Besaran keuntungan Xiaomi itu pun sangat jauh jika dibandingkan dengan Samsung ataupun Apple yang berniat dikalahkan oleh perusahaan Cina tersebut dalam beberapa tahun mendatang. Perusahaan seperti Apple berhasil meraup keuntungan senilai 28,7 persen. Sementara itu Samsung memiliki tingkat keuntungan sebanyak 18,7 persen. Namun tingkat profit Xiaomi tersebut lebih tinggi dibandingkan LG yang memiliki margin profit sebesar 0,5 persen.

Pihak Xiaomi sendiri telah memberikan keterangannya terkait minimnya profit yang mereka dapatkan di tahun 2013 ini.
Juru bicara dari Xiaomi mengakui adanya tingkat akurasi dari laporan tersebut. Namun di sisi lain, pihak perusahaan juga mengatakan kalau laporan tersebut tak seluruhnya mencakup semua kegiatan bisnis dari Xiaomi.

via Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here