NVIDIA telah memperkenalkan teknologi baru untuk workstation, yang dikenal sebagai Maximus, dan juga akan memperkenalkan menjadi superkomputer pertama dengan hardware hibrida CPU / GPU berbasis ARM  . Maximus memungkinkan komputer  secara bersamaan menangani grafis interaktif dan perhitungan kompleks yang diperlukan untuk output rendering.

Sistem workstation ini menggunakan unit pengolahan grafis seri Quadro dengan prosesor pendamping Tesla C2075. Pendekatan terpadu bekerja secara otomatis memberikan komputasi GPU untuk prosesor Tesla, sedangkan hardware Quadro dapat fokus pada fungsi grafis.

Selain dari teknologi workstation baru yang telah dihasilkan, Barcelona Supercomputing Center dikatakan mempersiapkan sedang membangun superkomputer hibrida CPU / GPU berbasis ARM pertama di dunia menggunakan quad-core Tegra 3  dan Cuda GPU. Proyek ini yang dikenal sebagai Mont-Blanc, bertujuan untuk mencapai empat sampai sepuluh kali lipat peningkatan dalam efisiensi energi dibandingkan dengan teknologi superkomputer alternatif.

Barcelona Supercomputing Center
Barcelona Supercomputing Center

Insinyur yang bekerja pada proyek superkomputer Mont-Blanc akan mencoba untuk membangun prototipe yang berfungsi secara penuh, diikuti oleh sistem superkomputer generasi berikutnya. Tim ini juga akan bekerja untuk menghasilkan portofolio aplikasi diarahkan khusus untuk hardware berbasis ARM baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here