Microsoft Surface Phone (Kredit: Softpedia)

Rumor akan hadirnya Surface Phone yang akan menyasar segmen mid-range memang sudah muncul sejak beberapa bulan yang lalu. Namun berita yang muncul dua minggu yang lalu telah mengatakan bahwa Microsoft membatalkan proyek Surface Phone untuk segmen menengah itu.

Microsoft Surface Phone (Kredit: Softpedia)
Microsoft Surface Phone (Kredit: Softpedia)

Meski telah membatalkan Surface Phone untuk kalangan menagah, Microsoft tak lantas menghilangkan proyek itu. Dikabarkan perusahaan yang berbasis di Redmond itu menggantinya dengan Surface Phone yang akan hadir dengan spesifikasi tinggi.

Seperti yang dilansir dari Softpedia, Kamis (10/12/2015), Panos Panay, head of Microsoft Mobile Division telah tugaskan untuk menggarap proyek Surface Phone dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi, agar dapat bersaing dengan flagship produsen lainnya.

Sebuah laporan yang berasal dari NPU (Nokiapoweruser) menginformasikan seperti apa penampakan Surface Phone terbaru yang sedang digarap oleh Microsoft. Masih sama dengan rencana awal, Surface Phone akan tetap ditenagai oleh chipset Intel, namun menggunakan chipset yang lebih bertenaga. Kemungkinan handset ini akan mulai diumumkan tahun depan.

Intel sendiri diketahui sedang menggarap sebuah chipset mobile baru yang digadang-gadang sebagai lawan chipset powerfull dari Qualcomm, yakni Snapdragon 820. Seperti yang kita ketahui, belakangan ini Intel memang menatang Qualcomm dalam persaingan SoC untuk perangkat mobile.

Rumor yang beredar sebelumnya mengatakan bahwa Surface Phone akan hadir dengan body berbahan metal. Selain itu, sumber yang sangat akrab dengan rencana ini mengatakan bahwa Surface Phone akan mengusung desain yang sama dengan keluarga Surface Phone lainnya. Hal ini tentu tidak mengejutkan, mengingat Surface Phone dikembangkan oleh tim yang sama di lini Surface.

Smartphone diharapkan mengusung layar 5.2- atau 5.5-inci yang harus menawarkan resolusi Quad HD (2560 x 1440 piksel), meskipun beberapa mengatakan bahwa Microsoft mungkin mengusung layar 4K Utra HD. Selain itu Surface Phone juga dikatakan bakal mengusung cover inovatif dan dukungan penuh Surface Pen, serta ada juga IR scanner.

Untuk sektor fotografi kemungkinan akan mengusung kamera 20 atau 15 megapiksel dengan dukungan fitur canggih. Sedangkan untuk kamera depannya harus puas dengan kamera 8MP yang dilengkapi dengan LED flash depan. Surface Phone ini diharapkan datang pada kuartal ketiga tahun 2016 dan datang dengan Windows 10 yang lebih baru.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here