Mungkin rumor mengenai Microsoft dengan brand smartphone barunya bukan berita baru lagi, karena perusahaan Redmond itu setahap demi setahap akan menghapus smartphone brand Lumia dan memperkenalkan smartphone dengan brand baru, yakni Suface Phone.

fingerprint-reader

Rumor tersebut memang sudah terdengar sejak beberapa bulan terakhir dan sekarang meski perusahaan belum mengkonfirmasi Surface Phone, namun sebuah paten baru telah ditemukan di mana itu menjukkan bahwa Surface Phone mungkin memiliki sensor pemindai sidik jari yang unik, di mana belum ada smartphone lain yang menerapkan teknologi ini.

Sebuah paten Microsoft baru-baru ini telah diterbitkan dan mengungkapkan bahwa perusahaan telah memikirkan tentang mengintegrasikan pemindai sidik jari pada layar smartphone. Implementasi ini akan memungkinkan untuk memindai sidik jari di layar, sehingga tidak diperlukan lagi bantalan khusus untuk tempat fingerprint. Dengan demikian, perusahaan tidak memerlukan komponen yang lebih banyak dan memungkinkan untuk menghasilkan perangkat yang lebih tipis.

Agar hal ini dapat terjadi, sebuah panduan gelombang akan digunakan di bawah kaca dengan filter yang akan mengaktifkan sensor di sisi layar, untuk mengambil di punggung sidik jari yang ditempatkan pada kaca. Cahaya dari panduan gelombang nantinya akan ditransmisikan menggunakan kabel fiber optic yang akan menyelesaikan pelaksanaan scanner sidik jari pada layar dan juga memungkinkan fleksibilitas lebih lanjut dalam desain handset.

Paten tersebut menyebutkan jika teknologi ini dapat bekerja dengan baik pada dua jenis layar yang sangat populer saat ini, yakni AMOLED dan LED. Karena belum dapat dipastikan apakah teknologi ini akan dapat segera dinikmati dalam waktu dekat, kita harus menanti konfirmasi dari Microsoft yang saat ini pun belum mengkonfirmasi keberadaan Surface Phone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here