Dengan suksesnya pemasaran produk Xiaomi diberbagai negara sebelumnya, kini Xiaomi siap melebarkan sayapnya hingga ke wilayah Afrika. Dengan keunggulan MIUI dan harga yang bersaing, Xiaomi berhasil memikat hati masyarakat dengan produk-produk unggulannya. Tak puas dengan keberhasilan yang dicapainya, Xiaomi terus bertekad menyebarkan produknya hingga ke pelosok dunia.

xiaomi-logo1

Menurut laporan dari Forbes, mitra Tiongkok telah menjalin kerja sama dengan distributor perangkat mobile terbesar Afrika, Mobile in Afrika. Distributor Mobile in Afrika sendiri sebelumnya brhasil mendistribusikan produk dari Apple ke pasar Afrika. Dengan terjalinnya kemitraan antara Xiaomi dengan Mobile in Afrika, keduanya akan menyebarkan produk-produk Xiaomi ke 50 titik wilayah Afrika. Strategi yang dilancarakan Xiaomi dengan menggandeng distributor lokal memang menuai kesuksesan, sebelumnya kesuksesan juga menuai kesuksesan seperti dengan perusahaan Foxconn di Brazil dan Redington di India.

Selain toko ritel fisik, penjualan dengan sistem online merupakan penyumbang besar berahasilnya upaya ekspansi Xiamomi. Untuk saat ini Xiaomi mengekspansi dengan mencakup 14 toko online terkemuka di 14 negara yang nantinya akan dikelola oleh Mobile in Afrika juga.

Upaya Xiaomi memasuki pasar Afrika memanglah suatu kabar baik, selain dapat membesarkan nama Xiaomi ke seluruh penjuru dunia, pasar negara berkembang seperti Afrika dan India juga akan semakin diramaikan oleh produk-produk berkualitas dengan harga yang bersaing.

Namun sepertinya upaya Xiaomi kali ini perlu sebuah kehati-hatian, bukan hal yang mudah untuk memasuki suatu pasar baru yang masih tergolong sebagai negara berkembang. Ditambah lagi dengan langkah Google yang telah terlebih dahulu memasuki pasar Afrika dengan Android One Infinix Hot 2. Infinix Hot 2 sendiri dipasarkan dengan harga USD $87.

Xiaomi-Redmi-2

Sementara Google memasuki pasar Afrika dengan Infinix Hot 2-nya, Xiaomi rencananya akan membuka pasar Afrika dengan produk mid-range nya yaitu Redmi 2. Kabarnya Mi 4 juga akan memasuki pasar Afrika, namun rumor ini juga masih belum dikonfirmasi oleh pihak Xiaomi. Untuk harga yang dibanderol, Redmi 2 akan dibanderol dengan harga USD $160 atau sekitar 2,2 juta Rupiah dan untuk Mi 4 dibanderol dengan harga USD $320 atau sekitar 4,5 juta Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here